Jogja
Sabtu, 16 Desember 2017 - 20:20 WIB

Gempa Tak Pengaruhi Wisatawan di Pantai Selatan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Laguna Pantai Glagah salah satu daya tarik di pantai ini yang terus dipadati pengunjung setiap musim liburan. (Harian Jogja/Holy Kartika N.S)

Gempa berkekuatan 6,9 skala richter tidak berdampak signifikan terhadap aktivitas pariwisata di kawasan pesisir, termasuk Kulonprogo.

Harianjogja.com, KULONPROGO-Gempa berkekuatan 6,9 skala richter yang mengguncang sebagian wilayah selatan Pulau Jawa dan dinyatakan berpotensi diikuti tsunami sempat membuat warga panik. Namun, hal itu disebut tidak berdampak signifikan terhadap aktivitas pariwisata di kawasan pesisir, termasuk Kulonprogo.

Advertisement

Baca juga : Satu Rumah di Sleman Rusak akibat Gempa Tadi Malam

Petugas Tempat Penarikan Retribusi (TPR) Pantai Glagah, Agus Sugiyanto mengatakan, gempa yang terjadi pada Jumat (15/12/2017) malam memang telah membuat warga sekitar was-was.

Kondisi itu pun dikhawatirkan berdampak buruk terhadap kunjungan wisata pantai. Namun, wisatawan ternyata tetap berdatangan sejak Senin (16/12/2017) pagi. “Tidak ada pengaruh yang besar. Jumlah pengunjung sampai saat ini 270 orang,” ungkap Agus, Sabtu siang.

Advertisement

Jumlah pengunjung siang itu sebenarnya masih jauh dari rata-rata angka kunjungan libur akhir pekan yang mencapai 1.000-2.000 per hari. Meski begitu, peningkatan jumlah pengunjung biasanya baru terlihat secara signifikan menjelang sore hari.

Agus berpendapat, pengunjung mungkin sengaja memilih waktu agak sore agar bisa menikmati keindahan pemandangan saat matahari tenggelam di pantai.

Agus menambahkan, saat berhenti sejenak di TPR, para pengunjung juga tidak ada yang bertanya-tanya soal gempa maupun peringatan potensi tsunami. Menurutnya, mereka pasti sudah mengetahui informasi terkait keamanan situasi di wilayah selatan melalui berbagai media.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif