Otomotif
Sabtu, 16 Desember 2017 - 12:30 WIB

Bukan Cuma Mobil, Perempuan Arab Juga Diizinkan Mengemudikan Truk dan Sepeda Motor

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi mengemudi mobil. (Telegraph.co.uk)

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz As-Saud pada September memerintahkan agar perempuan diizinkan mengemudikan mobil.

Solopos.com, RIYADH – Otoritas Arab Saudi pada Jumat (15/12/2017) menyatakan perempuan akan diperkenankan mengemudikan truk dan mengendarai sepeda motor. Demikian laporan stasiun televisi Al Arabiya.

Advertisement

Dilansir Xinhua, Sabtu (16/5/2017), negara tersebut akan secara resmi mengizinkan perempuan mengemudikan kendaraan pada pertengahan tahun depan.

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz As-Saud pada September memerintahkan agar perempuan diizinkan mengemudikan mobil, setelah beberapa dasawarsa pembatasan hanya kaum pria diperkenankan mengemudi di Kerajaan itu.

Satu masa ditetapkan sebelum pencabutan larangan tersebut untuk memungkinkan dilakukannya perubahan peraturan dan ditemukannya metode buat perempuan untuk menerima pelatihan mengemudi.

Advertisement

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi akhirnya memperbolehkan kaum perempuan di negaranya untuk mengemudikan kendaraan.

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud mengeluarkan perintah kerajaan, Selasa (26/9/2017), terkait pemberian surat izin mengemudi (SIM) untuk kaum perempuan.

Kini, para perempuan di Arab Saudi yang ingin mengemudi kendaraan bisa mengajukan secara pribadi permintaan pembuatan SIM.

Advertisement

Mereka juga tak perlu lagi meminta izin dari seorang wali untuk memperoleh SIM atau ditemani seorang wali untuk mengemudikan mobil.

Duta Besar Arab Saudi untuk AS, Pangeran Khalid bin Salman bin Abdulaziz, mengatakan negaranya sudah siap memperbolehkan perempuan untuk mengemudikan kendaraan.

Advertisement
Kata Kunci : Arab Saudi Izin Mengemudi
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif