News
Jumat, 15 Desember 2017 - 00:50 WIB

Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini, 15 Desember

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Perwakilan dari Rusia dan negara-negara anggota Blok Sentral saat menandatangai perjanjian gencatan senjata, 1917. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 15 Desember, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai macam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 15 Desember. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang dirangkum Semarangpos.com dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 15 Desember.

Advertisement

533
Pasukan Kekaisarn Bizantium dibawah pimpinan Flavius Belisarius berhasil mengalahkan pasukan Kerajaan Vandal yang dipimpin Gelimer dalam Pertempuran Tikameron di dekat Kartago, Afrika bagian utara. Kemenangan Bizantium itu sekaligus meruntuhkan Kerajaan Vandal yang berdiri sejak 407.

1864
Salah satu pertempuran di masa Perang Saudara Amerika Serikat (AS) antara pasukan Union dan pasukan Konfederasi meletus di Nashville, Tennessee, AS. Pertempuran itu berlangsung selama dua hari dan berkahir dengan kemenangan Union. Setelah kalah, Pasukan Tenesse bentukan Konfrderasi resmi dibubarkan.

Advertisement

1864
Salah satu pertempuran di masa Perang Saudara Amerika Serikat (AS) antara pasukan Union dan pasukan Konfederasi meletus di Nashville, Tennessee, AS. Pertempuran itu berlangsung selama dua hari dan berkahir dengan kemenangan Union. Setelah kalah, Pasukan Tenesse bentukan Konfrderasi resmi dibubarkan.

1891
Olahraga bola basket untuk kali pertama dikemukakan seorang guru olah raga asal Kanada, James Naismith, di sebuah perguruan tinggi di Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Pada awalnya, setiap tim basket berjumlah sembilan orang dan tidak ada dribble, sehingga bola hanya dapat berpindah tangan melalui lemparan.

1914
Setelah pertempuran antara pasukan Jerman dan Rusia di Lodz, Polandia berakhir, Rusia mulai menarik pasukannya. Pemenang dalam pertempuran itu sebenarnya masih menjadi perdebatan, namun karena menarik pasukannya, beberapa pihak menganggap Rusia kalah.

Advertisement

1916
Pertempuran Verdun antara Prancis dan Jerman di Verdun-sur-Meuse, Prancis berakhir dengan kemenangan Prancis. Setelah bertempur selama lebih dari sembilan bulan, pasukan Prancis berhasil mengusir pasukan Jerman dari Verdun-sur-Meuse. Pertempuran Verdun merupakan pertempuran terpanjang dan paling dahsyat selama Perang Dunia I.

1917
Rusia menandatangani perjanjian gencatan senjata dengan negara-negara anggota Blok Poros. Dengan perjanjian itu, Rusia secara resmi tak lagi terlibat dalam Perang Dunia II.

1941
Pasukan Jerman membantai lebih dari 15.000 orang Yahudi di Drobitsky Yar, sebuah jurang di tenggara Kota Kharkiv, Ukraina. Peristiwa tragis itu adalah salah satu dari serangkaian pembantaian orang Yahudi yang dilakukan Jerman di Ukraina. Sejak 1941 hingga 1944, sekitar 500.000 orang Yahudi di Ukraina dibantai pasukan Jerman.

Advertisement

Pasukan AS mendarat di Arawe, Britania Baru, Kepulauan Bismarck untuk bertempur melawan pasukan Jepang, 1943. (Wikimedia.org)

1943
Pertempuran antara pasukan Sekutu dan pasukan Jepang meletus di Arawe, Britania Baru, Kepulauan Bismarck. Pertempuran untuk memperbutkan wilayah Britania Baru itu berlangsung hingga 24 Februari 1944. Pasukan Sekutu berhasil menang dalam pertempuran tersebut.

Martin Skrtel kala masih berseragam Liverpool. (Liverpoolecho.co.uk)

Advertisement

1984
Martin Skrtel lahir di Handlova, Slowakia. Namanya kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, Liverpool, sejak 2008 hingga 2016. Kini, pemain yang berposisi sebagai bek tengah itu membela salah satu klub di Turki, yakni Fenerbache. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 14 Desember
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 13 Desember
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 12 Desember

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif