Jogja
Jumat, 15 Desember 2017 - 21:55 WIB

Antisipasi Bencana, Sungai di Bantul Mulai Dibersihkan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah anggota BPBD, para relawan dan warga sekitar membersihkan pohon yang tumbang di aliran sungai Winongo, Paker, Mulyodadi, Bambanglipuro, Kamis (14/12/2017). (Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo)

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Bantul lakukan pembersihan sungai besar

Harianjogja.com, BANTUL-–Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Bantul lakukan pembersihan sungai besar dari pohon-pohon besar untuk mencegah kerusakan pada jembatan maupun talud.

Advertisement

Komandan pos pemadam kebakaran, BPBD di Bambanglipuro, Yosi Prasetyo mengatakan tindakan pembersihan tersebut menjadi antisipasi ketika hujan deras datang kembali dan membuat arus menjadi deras.

“Pohon yang besar di Sungai Winongo, Paker, Mulyodadi, Bambanglipuro ini diameternya sekitar 1,5-2 meter kan bahaya jika kena penyangga jembatan itu, bisa ambrol. Ini posisi juga sudah sangat dekat dengan jembatan hanya sekitar 15 meter,” ujarnya Kamis (14/12/2017).

Dikatakan olehnya yang sedikit menjadi kendala karena ukuran pohon yang cukup besar itu sehingga untuk diangkat langsung cukup sulit. Terpaksa harus dipangkas manual terlebih dahulu.

Advertisement

“Selain itu kedalaman air juga sedikit banyak menjadi kendala saat pemangkasan manual ini,” ujarnya.

Sementara itu kepala dusun Paker, Mulyodadi, Bambanglipuro, Sulkhan Taryana mengatakan cukup khawatir dengan adanya sampah-sampah di kawasan sungai Winongo yang ada di dusunnya jika hujan kembali datang.

“Ya sebagian kemarin sampah-sampah udah dibersihkan sama masyarakat, walaupun belum semua ini juga dapat bantuan dari BPBD, dan teman-teman relawan juga, sehingga sangat membantu,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif