Jogja
Kamis, 14 Desember 2017 - 22:20 WIB

SD Muhammadiyah Pakel Siap Bagikan Rapor Siswa Hari Jumat

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kepala SD Muhammadiyah Pakel, Bunda Menik Kamriana mengadakan rapat checking persiapan rapor di kelas 1 C Kamis (14/12/2017). (Foto istimewa)

SD Muhammadiyah Pakel Jogja siap membagikan rapor siswa hari ini

 

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA- Banyak beban dan hambatan dalam para guru sekolah dasar (SD) menyelesaikan pengisian rapor.

Dahuri, humas SD Muhammadiyah Pakel Jogja menjelaskan dalam menyelesaikan rapor, guru dituntut untuk memberikan 4 penilaian dan juga memberikan deskripsi sesuai demgan predikat pada setiap muatan pelajaran.

Hal ini yang memerlukan waktu ekstra serta menguras pikiran karena memberi penilaian berupa deskripsi sesuai Kompetensi Dasar pada setiap muatan pelajaran. “Padahal kemampuan anak berbeda-beda sehingga guru harus mampu memahami kemampuan setiap anak secara mendetail,” katanya, dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (14/12/2017).

Advertisement

Namun SD Muhammadiyah Pakel tetap berusaha semaksimal mungkin menyelesaikan penilaian hasil belajar siswa yang dituangkan pada rapor sesuai jadwal yaitu hari Jumat.

Hal tersebut tidak terlepas dari kerja keras semua guru yang berjibaku dengan waktu untuk serius dan komitmen mengerjakan rapor sesuai deadline. Kebetulan difasilitasi oleh sekolah yakni dibuatkan aplikasi sederhana untuk memudahkan guru kelas memasukkan data nilai dan deskripsinya.

“SD Muhammadiyah Pakel tetap berusaha disiplin waktu dalam hal menyelesaikan penilaian terhadap anak. Bidang kurikulum sekolah mencoba membuatkan aplikasi sederhana yang memudahkan guru kelas untuk input data nilai beserta deskripsinya yang secara otomatis akan langsung masuk pada form rapor,” kata Rani Hidayatun selaku Waka Kurikulum SD Muhammadyah Pakel.

Advertisement

Dengan adanya aplikasi khusus tersebut serta komitmen dari semua guru untuk setor nilai tepat waktu kepada masing-masing guru kelas menjadikan guru kelas cepat menyelesaikan pengerjaan rapor.

Sebab rapor merupakan bagian dari sistem penilaian yang harus dipertanggungjawabkan kepada wali murid. Maka sudah seharusnya rapor bisa dibagikan sesuai jadwal yang ada.

Maka pada hari Kamis (14/12/2017) 12:30 WIB kepala sekolah SD Muhammadiyah Pakel, Bunda Menik Kamriana mengadakan rapat checking persiapan rapor di kelas 1 C.

Rapat tersebut untuk mendapatkan kepastian dan kesiapan guru kelas dalam menyelesaikan tugasnya membuat rapor. Berdasarkan hasil rapat tersebut, rapor semua kelas dari kelas 1-6 sudah selesai. Rencananya SD Muhammadiyah Pakel membagikan rapor siswa pada hari Jumat (15/12/2017).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif