Jogja
Kamis, 14 Desember 2017 - 16:40 WIB

Penambang Pasir Sungai Opak Dirazia Aparat

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lokasi penambangan pasir di bantaran Sungai Opak, Segoroyoso, Pleret, Bantul, Kamis (14/12/2017). (Syakirina Rahmatuzahra Utami/JIBI/Harian Jogja)

Penambangan berpotensi merusak bangunan jembatan.

Harianjogja.com,BANTUL–Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bantul bersama kepolisian setempat merazia penambangan pasir liar di Bantaran Sungai Opak, Jalan Segoroyoso, Pleret, Bantul, Kamis (14/11/2017).

Advertisement

Kepala seksi Ketertiban Satpol PP Bantul Sunarto, mengungkapkan razia dilakukan setelah adanya aduan dari masyarakat sekitar. Menurut keterangan warga, penambangan tak berizin itu sudah lima hari beroperasi.

Pada razia yang digelar Kamis, sebanyak enam penambang pasir, tertangkap tangan sedang melakukan aktivitas tambang di lokasi tersebut.

“Untuk saat ini pelaku penambangan liar akan memperoleh pembinaan, jika ini tidak mendapat tanggapan, maka akan diterbitkan surat peringatan, apabila masih juga tidak ditanggapi maka kami akan bertindak sesuai hukum [dibawa ke ranah pidana],” ungkap Sunarto kepada Harian Jogja, Kamis.

Advertisement

Lokasi penambangan yang berada di sisi timur jembatan itu dikhawatirkan akan berdampak pada kerusakan jembatan yang menjadi penghubung Kecamatan Dlingo dengan Kecamatan Pleret. “Jembatan ini kan vital sekali untuk mobilitas warga, apabila penambangan ini tidak ditindak lanjuti, jangka panjang pasti akan berdampak pada robohnya jembatan,” kata dia.

Narni, warga setempat mengungkapkan, pasca-banjir besar beberapa waktu lalu, kegiatan penambang liar berpindah lokasi ke sisi timur jembatan. “Biasanya agak jauh, jadi tidak terlihat,” ungkap Narni.

Narni juga menjelaskan, transaksi jual beli pasir juga dilakukan di tempat, dengan mendatangkan para pembeli yang sudah membawa mobil pengangkut pasir. Diduga masih banyak titik bantaran sungai yang menjadi lokasi penambangan liar.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif