Jogja
Kamis, 14 Desember 2017 - 16:20 WIB

Kurangnya Asupan Gizi Jadi Penyebab Balita Tumbuh Pendek

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Stunting (IST/LOMBOKita)

Bayi berat lahir rendah (BBLR) juga dapat berlanjut menjadi stunting jika tidak ditangani secara tepat

Harianjogja.com, KULONPROGO-Balita tumbuh pendek atau stunting disebabkan kurangnya asupan gizi dalam jangka panjang, bahkan sejak janin masih dalam kandungan.

Advertisement

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kulonprogo Bambang Haryatno mengungkapkan, untuk beberapa kasus yang terjadi di Kulonprogo diketahui karena orang tua terkadang kurang perhatian dengan pola makan anak dan asal kenyang saja. “Ini yang ingin kita ubah perilakunya melalui edukasi yang bagus,” ujar Bambang, Rabu (13/12/2017).

Bambang menambahkan, kasus bayi berat lahir rendah (BBLR) juga dapat berlanjut menjadi stunting jika tidak ditangani secara tepat. Berbagai upaya pun dilakukan untuk menekan BBLR, seperti penerapan kawasan tanpa rokok, pemberian tablet zat besi pada remaja, hingga layanan Ante Natal Care (ANC) terpadu berkualitas sebagai deteksi dini ibu hamil beresiko tinggi.

Baca juga : Germas Kulonprogo Difokuskan Tekan Kasus Stunting

Advertisement

Namun, semua itu tidak akan berjalan optimal tanpa adanya komitmen lintas sektoral. Hal tersebut kemudian disiasati Dinkes Kulonprogo melalui pembentukan Jejaring Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (Rindu KIA).

“Kalau ada masalah, mereka langsung bergerak. Mobil patroli polsek pun dapat dipakai untuk mengantarkan ibu yang pendarahan ke rumah sakit sehungga bisa selamat karena cepat ditangani,” ucap Bambang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif