Elsie berjalan di kota yang penduduknya hanya dirinya sendiri (countryliving) Elsie berjalan di kota yang penduduknya hanya dirinya sendiri (countryliving)
Kamis, 14 Desember 2017 06:00 WIB Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com Internasional Share :

Kota Terunik, Penduduk Monowi Hanya 1 Jiwa

Kota Monowi, Nebraska, Amerika Serikat hanya dihuni oleh satu jiwa.

Solopos.com, MONOWI – Sebuah kota di Nebraska, Amerika Serikat bernama Monowi menjadi perbincangan berbagai media lokal hingga internasional sejak 2004. Kota tersebut secara administratif hanya dihuni satu orang.

Pelanggan di bar milik Elsie adalah tetangga dan anak-anak teman lama Elsie (Countryliving)

Pelanggan di bar milik Elsie adalah tetangga dan anak-anak teman lama Elsie (Countryliving)

Dilansir Countryliving.com, 31 Maret 2017, Kota Monowi dihuni oleh satu orang bernama Elsie Eiler, 83, sejak tahun 2004. Di Monowa, Elsie berperan sebagai warga, wali kota, pebisnis, bartender, hingga penjaga perpustakaan.

Pada 1980, Monowi menjadi kota dengan populasi 18 jiwa. Generasi muda termasuk putra dan putri Elsie lebih memilih ke luar kota untuk mencari pekerjaan. Elsie kembali ke Monowi setelah merantau untuk menyelesaikan sekolah dan mendapat beberapa pengalaman kerja.

Dia menikahi pria bernama Rudy dan membuka bar di Monowi pada 1975. Semenjak saat itu Elsie tinggal di Monowi, tercatat hingga Maret 2017 Elsie menjadi satu-satunya warga Kota Monowi. Tetangga terdekat Elsie berlokasi kurang lebih 32 kilometer dari rumahnya.

“Kalau kalian tinggal di area seperti rumah saya, orang yang tinggal 32 km jauhnya masih termasuk seorang tetangga. Kami seperti keluarga besar, apabila ada sesuatu yang terjadi, kami semua ikut bersimpati dan saling meringankan,” jelas Elsie.

Kegiatan utama Elsie sekarang ini mengurusi bar miliknya yang diberi nama Monowi Tavern. Dia tidak memiliki staf untuk mengurusi kota. Hal ini biasanya diatasi dengan bergotong royong dengan tetangga. Saat musim salju petani terdekat biasa datang ke Monowi untuk membersihkan tempat parkir dan jalan-jalan utama dari salju.

Bahkan, karena Elsie seorang diri menjadi pelayan di bar miliknya. Di momen-momen tertentu ia kerap menyewa pekerja lepas dari kota terdekat untuk membantunya. “Beberapa komunitas motor rutin mengadakan acara tahunan di Monowi Tavern, nah di waktu-waktu tersebut saya biasa menyewa pekerja,” jelas Elsie.

Meski menjadi satu-satunya penduduk Kota Monowi, Elsie mengaku tak pernah kesepian. Dia bahkan menjadi sosok terkenal karena kondisinya itu. Elsie pernah diundang di beberapa acara populer di Amerika Serikat seperti Today Show dan People.

Bahkan Elsie sampai tidak ingat berapa kali dia menolak permintaan wawancara karena terlalu banyak media yang ingin mengetahui kisah hidupnya.

 

 

 

lowongan pekerjaan
PT. INDUKTORINDO UTAMA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Koes Plus dalam Peta Musik Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (08/01/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Jumat, 5 Januari 2018, Yon Koeswoyo tutup usia. Beberapa tahun sebelumnya…