Jogja
Kamis, 14 Desember 2017 - 07:42 WIB

Bakal Ada Rest Area di Pantai Krakal

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pantai Krakal, Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Selasa (17/3/2015). (FOTO ISTIMEWA/Dok. SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul)

Rest area wisata akan dibangun di Ngestirejo.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Pemkab Gunungkidul berencana membangun rest area wisata di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari. Total lahan yang dibutuhkan untuk pembangunan mencapai 4,5 hektare dan sekarang masih dalam proses pembebasan oleh Dinas Pertanahan dan Tata Ruang.

Advertisement

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Gunungkidul Winaryo mengakui proses pembebasan lahan untuk rest area di Ngestirejo belum tuntas. Pasalnya saat ini tahapan masih sebatas sosialisasi dan penilaian taksiran harga tanah dari tim appraisal. “Hari ini [kemarin] kami lakukan sosialisasi sebagai tahapan dalam pembebasan lahan,” kata Winaryo kepada wartawan, Rabu (13/12/2017).

Menurut dia, untuk pembangunan rest area membutuhkan lahan seluas 4,5 hektare. Adapun dana pembebasan yang disediakan mencapai Rp9,7 miliar. “Semua sudah dipersiapkan, tapi untuk proses pembebasan harus sesuai prosedur yang ada sehingga bisa terhindar dari masalah kelak di kemudian hari,” ujarnya.

“Banyak tantangan yang dihadapi dalam pembebasan. Jadi kami harus jeli dan teliti saat proses pembelian tanah dilakukan,” tutur mantan Kepala Bagian Pemerintahan Umum ini.

Advertisement

Untuk pembangunan kawasan rest area wisata, Winaryo pun menyerahkan sepenuhnya ke Dinas Pariwisata yang memiliki masterplan perencanaan. Ini lantaran, dalam ketugasan, dinas pertanahan dan tata ruang hanya sebatas melakukan pembebasan, sedang untuk pembangunan diserahkan ke OPD yang bersangkutan. “Mudah-mudahan pembebasan selesai sebelum akhir tahun,” ujar dia.

Camat Tanjungsari Rakhmadian Wijayanto membenarkan adanya rencana pembangunan rest area wisata di Desa Ngestirejo, tepatnya di kawasan Pantai Krakal. Menurut dia, pembangunan fasilitas itu juga sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan pantai Gunungkidul. “Kami sangat mendukung pembangunan fasilitas tersebut,” kata Rakhmadian.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif