Soloraya
Rabu, 13 Desember 2017 - 17:15 WIB

Pemkot Solo Bangun 7 Blok Rumah Instan Tahan Gempa di Semanggi

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Contoh konstruksi rumah risha (Istimewa)

Rumah risha akan dibangun di Solo.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengembangkan rumah instan sederhana sehat (Risha) pada tahun depan. Risha akan dibangun di komplek Rusunawa Semanggi, salah satu targetnya adalah menjadi pemukiman baru bagi warga Kenteng yang terdampak proyek drainase sabuk dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Advertisement

Risha adalah rumah knock down yang bisa dibongkar pasang. Rumah dibangun dengan konstruksi berbahan panel beton (hanya dengan tiga jenis panel) yang kemudian dirangkai dengan menggunakan mur-baut. Dengan merangkai panel-panel tersebut, akan terbentuk satu kesatuan struktur bangunan yang kokoh kuat yang memenuhi standar konstruksi rumah tahan gempa.

Untuk mengembangkan pemukiman model ini, Pemkot Solo bersama Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Perumahan Permukiman Kementerian PUPR telah melatih sedikitnya 20 warga RW 023 Kelurahan Semanggi Pasar Kliwon untuk belajar cara membuat rumah instan di Solo Techno Park (STP), pekan lalu.

Mereka akan dilibatkan dalam pembangunan fasilitas umum di kompleks Rusunawa Semanggi dengan model Risha. Sedangkan pemukiman yang rencananya akan dibangun sebanyak 7 blok rumah instan akan digarap pihak ketiga. Lantaran merupakan proyek percontohan, maka Puslitbang Perumahan dan Permukiman yang akan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Risha di Semanggi.

Advertisement

“Tujuh blok Risha akan kami bangun di sana. Satu blok nanti terdiri dari petak-petak rumah, bisa dipakai untuk tempat tinggal 19 KK. Jadi kira-kira 90 KK nanti bisa masuk ke sana,” kata Kabid Perumahan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Kota Solo, Saryanto, saat berbincang dengan

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif