Jogja
Rabu, 13 Desember 2017 - 22:55 WIB

Budaya Gotong Royong Bikin Sleman Jadi Acuan

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi gotong royong (IST/Koransn.com)

“Kegotong-royongan, kebersamaan, kekompakan masyarakat dalam mengatasi permasalahan-permasalahan selama ini menjadi acuan”

Harianjogja.com, SLEMAN- Kesetiakawanan Sosial dan kekompakan masyarakat Sleman mendapat apresiasi dari banyak daerah, termasuk Pemerintah Kota Kagoshima Jepang.

Advertisement

Sekretaris Daerah Sleman, Sumadi mengatakan, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) diperingati untuk membangkitkan kembali semangat persatuan, kegotong-royongan, kekeluargaan dan bahu membahu antarwarga. Ia berharap, peringatan HKSN mampu menggugah rasa empati terhadap orang lain yang diwujudkan dengan aksi nyata.

“Akhir-akhir ini banyak musibah akibat cuaca ekstrim. Keterlibatan masyarakat dalam pertolongan kebencanaan diperlukan baik di wilayah sendiri ataupun di kabupaten lain,” ucap Sumadi di sela-sela memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2017 di Gedung Serba Guna Sleman, Rabu (13/12/2017).

Budaya gotong royong khususnya masyarakat Sleman, kata Sumadi, merupakan karakter yang harus dipertahankan. Dia menyebut, banyak daerah lain yang mengapresiasi sikap empati dan budaya gotong royong masyarakat Sleman.

Advertisement

“Kegotong-royongan, kebersamaan, kekompakan masyarakat dalam mengatasi permasalahan-permasalahan selama ini menjadi acuan dan diapresiasi oleh daerah-daerah lain. Salah satunya oleh Pemerintah Kota Kagoshima Jepang,” jelasnya.

Sarasehan tersebut diikuti 500 peserta yang terdiri dari berbagai elemen, diantaranya SKPD terkait, Pekerja Sosial Masyarakat, Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat  (WKSBM), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS),  Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3), Taruna Siaga Bencana (Tagana), Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI), Tenaga Pelopor Perdamaian, dan Duta HIV AIDS.

Sementara, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sleman Sri Murni Rahayu mengatakan, sarasehan HKSN tersebut diharapkan dapat menjalin persatuan antar masyarakat. “Peringatan HKSN memiliki tujuan untuk menumbuhkan nilai-nilai kepahlawanan dan memperluas wawasan kebangsaan melalui mitra jejaring sosial,” imbuhnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif