Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun mengecek pasukan dalam Apel Siaga Komunitas Relawan Se-Kabupaten Sleman, Instansi Terkait Dalam Kesiapsiagaan Menghadapi Cuaca Ekstrim, Selasa (12/12/2017). (Harian Jogja/ Sekar Langit Nariswari) Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun mengecek pasukan dalam Apel Siaga Komunitas Relawan Se-Kabupaten Sleman, Instansi Terkait Dalam Kesiapsiagaan Menghadapi Cuaca Ekstrim, Selasa (12/12/2017). (Harian Jogja/ Sekar Langit Nariswari)
Selasa, 12 Desember 2017 19:55 WIB Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

Pelatihan Tangap Darurat Bencana, Setiap Individu Bakal Punya Sertifikat

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman bakal mengubah pola pelatihan tanggap bencana

Solopos.com, SLEMAN-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman bakal mengubah pola pelatihan tanggap bencana tahun depan. Pelatihan akan dilakukan dengan pola tersertifikasi per individu.

Pelatihan dengan sistem baru ini memungkinkan setiap individu memiliki klasifikasi kemampuan yang berbeda. Dengan demikian, setiap kelompok relawan akan mendapatkan keahlian yang berbeda tergantung potensi bahaya di masing-masing daerahnya.

Hal ini disampaikan oleh Haru Saptono, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sleman usai Apel Siaga Komunitas Relawan Se-Kabupaten Sleman, Instansi Terkait Dalam Kesiapsiagaan Menghadapi Cuaca Ekstrim, Selasa (12/12/2017).

“Tahun 2018 kita ubah polanya,” terangnya kepada wartawan.

Sebelumnya, pelatihan yang dilakukan berupa managemen posko, proses evakuasi, medis dan SAR. Relawan biasanya mendapatkan pendidikan dari narasumber yang berasal dari kalangan Dinas Kesehatan, BPBD, dan Basarnas.

Adapun, pemerintah daerah juga telah bersiaga menghadapi cuaca ekstrim yang diprediksi terjadi pada akhir bulan Desember hingga awal Januari dengan menggandeng 51 Komunitas Relawan.

Kepala Pelaksana BPBD Sleman, Joko Supriyanto dalam acara yang sama menyebutkan jumlah relawan di Sleman mencapai 1.970 anggota.

Selama cuaca ekstrem ini, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan lintas sektor untuk selama siaga. Penyelenggaraan apel ini juga menjadi bagian dari proses kesiapan menghadapi cuaca ekstrem ini.

lowongan pekerjaan
PT.SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Koes Plus dalam Peta Musik Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (08/01/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Jumat, 5 Januari 2018, Yon Koeswoyo tutup usia. Beberapa tahun sebelumnya…