Jogja
Selasa, 12 Desember 2017 - 11:55 WIB

Mahasiswa UNY Ciptakan Aplikasi Kebutuhan Memasak

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Salah satu dari Tim O'Chef UNY setelah menerima penghargaan atas medali emas yang diperoleh. (IST/Dok Humas UNY)

O’Chef UNY ini mempresentasikan hasil inovasi dalam pengembangan aplikasi untuk memudahkan pengguna dalam memasak

Harianjogja.com, SLEMAN-Empat mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menjadi jawara dengan mendapatkan medali emas dalam pelaksanaan kompetisi skala internasional, International Innovation and Invention Competition (IIIC) 2017 yang dihelat di Ambassador Hotel, Taipei, Taiwan akhir November 2017 lalu.

Advertisement

Tim yang diberi nama O’Chef UNY ini mempresentasikan hasil inovasi dalam pengembangan aplikasi untuk memudahkan pengguna dalam memasak. Keempat mahasiswa tersebut antara lain, Intan Lisnawati, Titik Wulandari, Nana Indri Kurniastuti, ketiganya dari Prodi Matematika 2014 dan Anjasmoro Adi Nugroho dari Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2014.

Ketua Tim Intan Lisnawati menjelaskan, kompetisi itu selenggarakan Chinese Innovation and Invention Society dan Moscow International Inventions and Innovative Technology Salon. Perhelatan itu mempertandingkan berbagai produk inovasi mahasiswa yang diikuti lebih dari 11 negara.

Dalam kesempatan itu timnya menciptakan inovasi baru dengan judul O’Chef : Cook Helper Application for enjoyable Modern Living. Inovasi tersebut merupakan pengembangan aplikasi untuk membantu memudahkan pengguna dalam memasak di era modern.

Advertisement

“Intinya kekompakan dan kesolidan tim, harus solid. Pembagian tugas dan target pengerjaan dapat terselesaikan dengan baik, kami berterima kasih kepada dosen pembimbing kami Dwi Lestari,” terangnya dalam rilis kepada Harian Jogja, Senin (11/12/2017).

Dalam inovasi yang dihasilkan, disediakan fitur pemesanan bahan makanan atau kebutuhan memasak secara online, selain itu terdapat kumpulan resep memasak yang mudah dipahami. Aplikasi tersebut dinilai cocok dengan kondisi masyarakat di era perkembangan teknologi saat ini.

Adapun pembuatan aplikasi O’Chef melalui tahapan dan metode pengembangan perangkat lunak RUP (Rational Unified Process). Pengembangan metode itu diharapkan dapat menghasilkan karya yang berkualitas. Ada empat tahapan yang harus dilalui antara lain, tahap inception merupakan tahap penggalian informasi kebutuhan pengguna dan model bisnis.

Advertisement

Kemudian elaboration, pada pengelolaan informasi yang telah didapat dan perencanaan pengembangan produk. Sementara, tahap construction pengerjaan dan pembuatan sistem dan transition melakukan pengujian sistem yang akan digunakan user. Selanjutnya dievaluasi sesuai kebutuhan pengguna. “Empat tahapan itu terus kami upayakan untuk evaluasi,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif