Jogja
Selasa, 12 Desember 2017 - 01:20 WIB

Jadi Tentara di Gunungkidul Harus Siap Hadapi Tindakan Seperti Ini

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas memeriksa sejumlah sampel urine dari anggota Komando distrik militer (Kodim) 0730 Gunungkidul, Senin (11/12/2017). (JIBI/Irwan A. Syambudi)

Komando Distrik Militer (Kodim) 0730 Gunungkidul secara berkala melakukan tes urine untuk anggotanya

Harianjogja.com. GUNUNGKIDUL—Komando Distrik Militer (Kodim) 0730 Gunungkidul secara berkala melakukan tes urine untuk anggotanya. Sedikitnya ada 100 anggota TNI yang dipilih secara acak untuk menjalani tes urine.

Advertisement

Setelah sebelumnya pada Senin (20/11/2017) lalu dilakukan tes urine terhadap 40 anggota TNI, pada Senin (11/12/2017) pagi dilakukan kembali tes urine secara mendadak. Tes urine dilakukan dalam rangka pencegahan, pemberantasan , penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba (P4GN).

Komandan Kodim 0730 Gunungkidul, Letnan Kolonel Infanteri Muhammad Taufik Hanif untuk upaya pencegaan selain sosialisasi juga dilakukan tes urine. “Kami melaksanakan pengecekan urine terhadap para anggota untuk pencegahan narkoba. Beberapa waktu lalu kami melakukan sosialisasi kepada anggota dan saat ini dilakukan tes urine,” kata dia, Senin (11/12/2017).

Lanjutnya lagi tes urine dilakukan mendadak tanpa pemberitahuan sebelumnya, sebanyak sebanyak 250 anggota Kodim termasuk PNS di lingkungan Kodim 0730 dikumpulkan untuk apel pagi luar biasa. Dari sejumlah itu, diambil sampel secara acak sebanyak 100 orang untuk dilaksanakan tes urine.

Advertisement

Taufik mengatakan dari 100 orang yang diperiksa tidak ada anggota yang terlibat penggunaan narkoba. “Hasilnya semuanya negatif. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan hari ini untuk mencegah keterlibatan anggota dalam peredaran narkoba,” ujarnya.

Perwira Seksi Intelejen Kodim 0730 Gunungkidul, Kapten Corp Perhubungan (Chb) Timotius Subanu mengatakan dari 100 anggota yang ikut tes urine, salah satunya adalah juga Komandan Kodim (Dandim).

Hal itu untuk memastikan dan membuktikan bahwa seluruh anggota TNI baik perwira, bintara, maupun tamtama harus bersih terhadap obat-obatan terlarang.

Advertisement

Subanu menambahkan, untuk mencegah penggunaan narkoba pihaknya melaksakan P4GN secara berkala. Dan selama beberapa kali pelaksanaan pihaknya belum menemukan adanya anggota yang terbulti menggunakan narkoba. “Selama ini kami belum menemukan adanaya anggota yang menggunakan narkoba,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif