Jogja
Senin, 11 Desember 2017 - 13:55 WIB

Warga Kulonprogo Gotong Royong Perbaiki Tanggul

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi gotong royong (IST/Koransn.com)

“Pembangunan yang kemarin masih bersifat sementara”

Harianjogja.com, KULONPROGO-Tanggul jebol di Durungan Wates ditambal sementara dengan tumpukan karung berisi pasir oleh warga sekitar. Langkah tersebut diharapkan bisa mengantisipasi luapan air Sungai Serang yang bisa terjadi sewaktu-waktu selama musim hujan.

Advertisement

Lurah Wates Agus Wasana megatakan, tanggul parafet sepanjang 30 meter di wilayah RT 05 RW 09 Durungan rusak berat pada akhir November lalu. Akibatnya, sebanyak 30 rumah di RW 09 Durungan dan 30 rumah lain di RW 10 Kedungdowo sempat terendam banjir beberapa waktu lalu.

Menyadari cuaca buruk belum berakhir, pemerintah bersama warga setempat berinisiatif gotong royong menambal tanggul. Warga juga mendapatkan dukungan dari personil Polres Kulonprogo, Polsek Wates, Koramil Wates, serta anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kulonprogo, Sudarto.

“Kami menggunakan sekitar delapan rit pasir. Pasir itu dimasukkan ke karung bantuan dari BPBD Kulonprogo sejumlah kira-kira 1.500 buah,” kata Agus, Minggu (10/12/2017).

Advertisement

Agus mengungkapkan, kerja bakti perbaikan tanggul telah dilakukan pekan kemarin. Ke depannya, bakal diupayakan pembangunan parafet permanen yang tentunya lebih kuat sehingga mengurangi potensi banjir di permukiman warga akibat jebolnya tanggul. “Pembangunan yang kemarin masih bersifat sementara. Harapannya, paling tidak mengurangi kemungkinan meluapnya air sungai ke rumah warga,” ujar dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif