Jogja
Senin, 11 Desember 2017 - 12:20 WIB

Revitaliasai Pasar Tegalsari 100%, Sleman-Gentan di Bawah 95%

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kondisi Pasar Gentan, Minggu (10/12/2017). Disperindag Sleman Optimistis pembangunan Pasar Gentan selesai tahun ini. (Harian Jogja/Abdul Hamid Razak)

“Untuk Pasar Tegalsari sudah pekan lalu. Sudah 100 persen, tapi saya harus cek dulu”

Harianjogja.com, SLEMAN-Progres pembangunan pasar Tegalsari, Berbah selesai 100%, sedangkan Pasar Sleman unit I dan Pasar Gentan masih di bawah 95%.

Advertisement

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) optimistis pembangunan kedua pasar tersebut selesai tahun ini. Kepala Disperindag Sleman Tri Endah Yitnani mengatakan, progres pembangunan Pasar Gentan sudah lebih baik setelah mendapat pemenang lelang.

Pasalnya, proyek senilai Rp5,9 miliar itu sudah tiga kali gagal lelang akibat tidak lengkapnya syarat kontraktor calon pelaksana proyek. Proyek pembangunan pasar ini akhirnya bisa dilakukan sekitar Oktober lalu.

Saat ini, bagian atap pasar sudah berdiri. Pelaksana proyek tinggal menyelesaikan pekerjaan lainnya terutama di bagian bangun utama pasar tersebut. “Progresnya masih di bawah 95% tetapi jauh lebih baik dari sebelumnya,” kata Endah kepada Harian Jogja, Minggu (10/12/2017).

Advertisement

Tidak hanya Pasar Gentan, capaian pembangunan Pasar Sleman Unit 1 juga diklaim membaik. Sebabnya, proses pembangunan pasar ini sempat terhenti karena pemegang proyek tidak mampu menyelesaikan pekerjaannya. Pemkab kemudian melakukan lelang ulang sehingga proyek ini dapat dilanjutkan sekitar November lalu.

Menurut Endah, hingga kini progres pembangunan Pasar Sleman Unit 1 terlambat sekitar 6%. “Tinggal memasang rolling door. Kalau sudah terpasang progresnya bisa lebih 15 persen,” jelasnya.

Dia optimistis, pembangunan kedua pasar tersebut selesai tahun ini. Apalagi masih ada sisa waktu sekitar 19 hari bagi pengembang untuk menyelesaikan pekerjaannya. “Untuk Pasar Tegalsari sudah pekan lalu. Sudah 100 persen, tapi saya harus cek dulu,” katanya.

Advertisement

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Pedagang Pasar Tradisional Disperindag Sleman Haris Martapa mengatakan, jika revitalisasi Pasar Sleman Unit 1 dianggarkan Rp1,6 miliar dan Pasar Gentan Rp5,9 miliar maka untuk Pasar Tegalsari dianggarkan Rp1,29 miliar. Seluruh pasar yang dipercantik tersebut, kata Haris, pengerjaannya ditargetkan selesai tahun ini.

Dia menjelaskan, konsep pasar Tegalsari berkonsep dome (satu atap). Bedanya jika di Pasar Kalasan dan Gentan rehab dan pemberian dome dilakukan secara total, di Pasar Tegalsari hanya sebagain bagunan yang diberi dome.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif