Tembok ratapan (christiantoday.com) Tembok ratapan (christiantoday.com)
Senin, 11 Desember 2017 09:00 WIB Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com Internasional Share :

Inilah 4 Tempat Suci Yerusalem

Kota Yerusalem menjadi perhatian dunia setelah pidato Donald Trump yang mengakui kota tersebut sebagai ibu kota Israel.

Solopos.com, Yerusalem – Yerusalem merupakan salah satu dari beberapa kota di dunia yang terus-menerus diterpa konflik mengatasnamakan agama. Hal itu bukan tanpa alasan, Yerusalem dipercaya oleh tiga agama mayoritas di dunia sebagai tempat suci mereka.

Belum lama ini Kota Yerusalem menjadi perhatian khalayak internasional. Hal itu bermula dari deklarasi Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, Kamis, (7/12/2017). Presiden ke-45 Amerika Serikat (AS) itu menyatakan bahwa pemerintahannya mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Yerusalem merupakan kota di timur tengah yang terletak di dataran tinggi di Pegunungan Judaean antara Laut Mediterania dan Laut Mati. Kota ini menjadi tempat suci bagi pemeluk agama Islam, Yahudi,dan Kristen.

Hal itu dikuatkan dengan banyaknya lokasi di Yerusalem yang dianggap tempat suci. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini:

Haram Al-Sharif

Haram al Sharif tampak dari udara (lostislamichistory.com)

Haram al Sharif tampak dari udara (lostislamichistory.com)

Haram Al-Sharif merupakan sebuah area dengan beberapa bangunan bersejarah bagi agama Islam, Yahudi, dan Kristen.  Haram Al-Sharif berlokasi di pojok tenggara Kota Tua di Yerusalem. Area ini dikelilingi Pohon Palem dan Pohon Cemara.

Bagi umat Muslim, Haram Al-Sharif merupakan tempat suci ketiga setelah Makkah dan Madinah. Di lokasi tersebut Nabi Muhammad mengalami peristiwa Isra Mikraj.

Bagi Yahudi, tempat ini dipercaya sebagai lokasi Raja Solomon membangun Kuil Pertama untuk menyimpan Tabut Perjanjian. Sedangkan untuk umat Kristen, lokasi tersebut dipercaya sebagai tempat Yesus berdoa dan menyebarkan ajarannya.

Di Haram Al-Sharif  kompleks Majid Agung Al-Aqsa, Kubah Shakhrah atau Kubah Batu, dan Kubah Silsilah.

Tembok Ratapan

Tembok ratapan (christiantoday.com)

Tembok ratapan (christiantoday.com)

Tembok ratapan adalah tembok kuno yang dipercaya sebagai sisa-sia tembok Kuil Pertama Yerusalem. Tembok ini membentang di Western Wall Plaza, Kota Tua, Yerusalem. Tembok ini dinilai suci karena dianggap sebagai tempat terdekat dengan Kuil Pertama Yerusalem.

Gereja Suci Sepulchre

Gereja Suci Sepulchre (Wikipedia)

Gereja Suci Sepulchre (Wikipedia)

Gereja yang berlokasi di Christian Quarter di Kota Tua, Yerusalem itu didirikan sejak 335 Masehi, namun sempat hancur di tahun 1009 dan dibangun kembali pada tahun 1048. Lokasi gereja ini dipercaya sebagai tempat Yesus disalib. Gereja ini dianggap sebagai lokasi haji bagi umat Kristen.

Via Dolorosa

Pos 9 Via Dolorosa (LandLoopers)

Pos 9 Via Dolorosa (LandLoopers)

Tempat ini merupakan lokasi yang dianggap penting oleh umat Kristen. Pasalnya di jalan Via Dolorosa di Kota Tua, Yerusalem, dipercaya sebagai lokasi di mana Yesus membopong salib hingga akhirnya disalib di lokasi di mana Gereja Suci Sepulchre dibangun.

 

lowongan pekerjaan
PT. BUMI AKSARA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Koes Plus dalam Peta Musik Indonesia

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (08/01/2018). Esai ini karya Lardianto Budhi, guru Seni dan Budaya di SMAN 1 Slogohimo, Wonogiri. Alamat e-mail penulis adalah s.p.pandamdriyo@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Jumat, 5 Januari 2018, Yon Koeswoyo tutup usia. Beberapa tahun sebelumnya…