Soloraya
Senin, 11 Desember 2017 - 11:00 WIB

Beras Medium Rp8.000/Kilogram akan Dijual di 5 Pasar di Solo

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi. (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Beras medium Rp8.000 akan dijual di pasar tradisional Solo.

Solopos.com, SOLO — Dinas Perdagangan Solo dan Bulog Surakarta bekerja sama untuk mendistribusikan beras kualitas medium dengan harga di bawah harga pasaran. Bulog membuka kesempatan bagi pedagang pasar yang bersedia bermitra untuk menyalurkan beras C-4 kualitas medium harga Rp8.000 tersebut.

Advertisement

Dinas Perdagangan melalui petugas pasar mendata pedagang di lima pasar di Solo yang akan menjual beras tersebut, yakni Pasar Nusukan, Pasar Harjodaksino, Pasar Legi, Pasar Gede dan Pasar Jongke.

Kepala Pasar Nusukan, Y. C. Bambang, mengatakan dirinya melakukan komunikasi dengan sejumlah pedagang kebutuhan bahan pokok.

“Kami tentunya akan menawarkannya dulu ke pedagang. Termasuk menunjukkan contoh barangnya. Kalau ada yang bersedia akan kami data,” kata dia saat ditemui Koran Solo/JIBI, Jumat (8/11/2017).

Advertisement

Menurut informasi, di pasar yang lain juga masih dilakukan pendataan pedagang calon penjual beras dari Bulog itu.

Sebelumnya Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan, Dinas Perdagangan, Kristiana, mengatakan pasca kegiatan operasi pasar, pendistribusian beras dengan harga terjangkau akan dilanjutkan ke pasar-pasar melalui pedagang yang ditunjuk.

“Pedagang nanti akan menjual dengan harga Rp8.000 per kilo. Pedagang itu nanti di lima pasar besar di Solo [yang menjadi lokasi operasi pasar],” kata dia belum lama ini.

Advertisement

Menurutnya jumlah pedagang yang akan ditunjuk untuk menjual beras dari Bulog tersebut tergantung pendataan di masing-masing pasar. Dia berharap setiap pasar minimal ada satu pedagang.

Kasi Analisa Harga dan Pasar Bulog Surakarta, Doni Kuswardono, mengatakan pihaknya akan memberikan tanda khusus pada kios pedagang di pasar yang bersedia menjual beras dengan kualitas seperti yang didistribusikan melalui operasi pasar.

“Nanti akan kami beri tulisan [spanduk] yang menunjukkan pedagang tersebut menjual beras operasi pasar,” kata dia.

Selain itu pihaknya juga akan memastikan beras operasi pasar yang dijual di pasar memiliki standar harga yang sama, yaitu Rp8.000 per kilogram. Dia mengatakan biasanya beras dengan kualitas tersebut dijual di pasaran dengan harga Rp8.500-Rp9.000 per kilogram.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif