Jogja
Senin, 11 Desember 2017 - 23:40 WIB

Ada Pasar Kuliner di Mangunan

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana Kampung Wisata Mangunan (IST)

Promosikan wisata lewat pasar.

Harianjogja.com, BANTUL–Beragam cara dilakukan untuk mempromosikan objek wisata yang tengah berkembang, salah satunya lewat Pasar Kaki Langit di Desa Wisata Mangunan, Dlingo, Bantul. Pembukaan Pasar Kaki Langit ini dilaksanakan pada Minggu (10/12/2017) dan rencananya akan dilangsungkan secara rutin tiap Sabtu dan Minggu.

Advertisement

Lurah Pasar Kaki Langit, Purwo Harsono menuturkan pasar ini diharapkan mampu memberi ragam pada destinasi wisata di kawasan Mangunan. Jika selama ini wisatawan yang datang hanya menikmati pemandangan dan berfoto, maka dengan hadirnya pasar ini wisatawan juga bisa menikmati kuliner khas masyarakat Mangunan, Kecamatan Dlingo. Sebab akan ada 15 pedagang kuliner tradisional yang menyediakan berbagai makanan seperti gudeg manggar, tahu guling, tiwul, tempe bacem, gembrot, telo, bubur ndeso, jadah dan menu angkringan lainnya. “Kami juga sediakan kerajinan khas daerah ini,” katanya Minggu.

Pasar Kaki Langit yang digagas bersama Generasi Pesona Indonesia (Genpi Jogja) ini juga diharapkan dapat memperpanjang waktu kunjung wisatawan, menghadirkan alternatif pendukung destinasi dan memecah konsentrasi kunjungan wisatawan. Sekaligus sebagai sarana penunjang pengembangan potensi daerah serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi mikro sebagai bagian dari pusaran multiplier effect.

Lebih lanjut, Purwo Harsono menambahkan penggunaan koin kayu sebagai alat transaksi di Pasar Kaki Langit ini juga bertujuan untuk membiasakan transaksi non tunai dalam kerangka yang lebih sederhana.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif