News
Minggu, 10 Desember 2017 - 19:00 WIB

Solo Masuk 3 Besar Kota Peduli HAM

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bubuk warna-warni bertebaran seusai acara jalan sehat bersama dalam acara Colour HAM di area parkir Benteng Vastenburg, Solo, Sabtu (9/12/2017). (M. Ferri Setiawan/JIBI/Solopos)

Solo menjadi satu dari tiga kabupaten/kota yang mendapat penghargaan sebagai kota yang peduli hak asasi manusia (HAM).

Solopos.com, SOLO — Sebanyak 232 kabupaten/kota di Indonesia dinilai peduli terhadap Hak Asasi Manusia (HAM). Sementara 84 kabupaten/kota lain masuk kategori cukup peduli HAM.

Advertisement

Penghargaan bagi daerah peduli HAM tersebut diterima kabupaten/kota dalam peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia Ke-69 bertajuk bertajuk Kerja Bersama Peduli Hak Asasi Manusia di The Sunan Hotel Solo, Minggu (10/12/2017).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan penghargaan anugerah kepada provinsi dan kabupaten/kota peduli terhadap HAM. Kota Solo menjadi satu di antara tiga kota yang mendapat penghargaan selain Gunungsitoli dan Ambon. Sedangkan untuk kategori kabupaten, penghargaan diberikan kepada Tapin, Sangihe, dan Mimika.

Untuk kategori provinsi meliputi Jawa Tengah, Bangka Belitung, dan Bali. Presiden mengaku masih banyak memiliki pekerjaan rumah perihal penegakan Hak Asasi Manusia (HAM).

Advertisement

Presiden mengatakan penyelesaian membutuhkan kerja sama pemerintah pusat, pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat. Kerja bersama ini perlu untuk menghadirkan keadilan HAM dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Penerapan prinsip-prinsip hak asasi manusia dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara harus terus kita tingkatkan,” papar Presiden.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif