Jogja
Minggu, 10 Desember 2017 - 12:20 WIB

Presiden Jokowi Tegaskan Indonesia Selalu Dukung Perjuangan Palestina

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi). (JIBI/Solopos/Antara/Setpres/Agus Suparto)

“Indonesia mengecam keputusan Amerika”

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara tegas mengecam keputusan Amerika Serikat yang mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Palestina. Jokowi pun mengaku telah mengubungi Presiden Palestina sebagai bentuk dukungan.

Advertisement

Presiden Jokowi, mengatakan telah menghubungi Presiden Palestina, Mahmoud Abbas. Ia menyatakan Indonesia selalu mendukung perjuangan Palestina. Dia pun telah menyampaikan posisi Indonesia soal pengakuan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengenai Yerusalem sebagai Ibukota Israel.

“Saya sampaikan kepada Presiden Palestina, Indonesia mengecam keputusan Amerika,” kata dia, saat melakukan kunjungan di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Sabtu (9/12/2017).

Selain hal itu, Jokowi juga berkata kepada Mahmoud bahwa keputusan Trump bertentangan dengan seluruh resolusi Dewan Keamanan PBB terkait Palestina. Menurut Jokowi, pengakuan Amerika terhadap Yerusalem sebagai Ibukota Israel membahayakan perdamaian yang sudah lama dirintis.

Advertisement

Jokowi mengajak seluruh negara bersatu mendukung Palestina. “Saya juga katakan, mengajak negara lain untuk tidak mengikuti apa yang dilakukan Pemerintah Amerika yang memindahkan kedutaannya ke Yerusalem,” ungkapnya.

Mantan Walikota Solo ini menambahkan, Indonesia akan selalu berjuang dan bersama rakyat Palestina. Ia menilai, Presiden Mahmoud memberikan reaksi positif atas sikap Indonesia. “Presiden Mahmoud sangat menghargai apa yang negara kita lakukan, konsisten sejak presiden pertama Bung Karno sampai sekarang,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif