Jogja
Jumat, 8 Desember 2017 - 13:20 WIB

Sleman Targetkan Gedung Diorama Tahun Depan

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Logo Kabupaten Sleman. (JIBI/Harian Jogja/Dok)

Keberadaan diorama ini penting sebagai bagian dari penyelamatan dokumen sejarah Sleman

Harianjogja.com, SLEMAN-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman menargetkan pembangunan gedung diorama Sleman pada 2018. Diorama ini akan memuat perjalanan sejarah Sleman mulai dari masa prasejarah hingga kini.

Advertisement

Ayu Laksmi Dewi Tri Astika Putri, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menerangkan, keberadaan diorama ini penting sebagai bagian dari penyelamatan dokumen sejarah Sleman. “Harapannya bisa terealisasi secepat mungkin, mungkin bisa mulai dibangun tahun depan,” katanya, Kamis (7/12/2017).

Secara fisik diorama ini akan sama dengan museum, tetapi dilengkapi dengan dokumen asli yang sah. Sebagai tahap awal, pihaknya sudah mulai melakukan diskusi dan kajian untuk membahas perjalanan sejarah Sleman dari masa ke masa. Penyusunan alur cerita juga mulai dilakukan untuk melihat rangkaian sejarah termasuk dengan berkonsultasi bersama beberapa ahli.

Budi Wibowo, Kepala Badan Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi (BPAD) DIY sebelumnya mengatakan, niatan ini merupakan hal yang baik. Terlebih lagi, Sleman merupakan daerah yang pertama kali akan mencetuskan ide ini dan memulai tahapan pembangunanya. “Rencanannya DIY baru akan mulai membuat diorama tahun depan,” jelasnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif