Logo Kabupaten Sleman. (JIBI/Harian Jogja/Dok) Logo Kabupaten Sleman. (JIBI/Harian Jogja/Dok)
Jumat, 8 Desember 2017 13:20 WIB Sekar Langit Nariswari/JIBI/Harian Jogja Sleman Share :

Sleman Targetkan Gedung Diorama Tahun Depan

Keberadaan diorama ini penting sebagai bagian dari penyelamatan dokumen sejarah Sleman

Solopos.com, SLEMAN-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman menargetkan pembangunan gedung diorama Sleman pada 2018. Diorama ini akan memuat perjalanan sejarah Sleman mulai dari masa prasejarah hingga kini.

Ayu Laksmi Dewi Tri Astika Putri, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menerangkan, keberadaan diorama ini penting sebagai bagian dari penyelamatan dokumen sejarah Sleman. “Harapannya bisa terealisasi secepat mungkin, mungkin bisa mulai dibangun tahun depan,” katanya, Kamis (7/12/2017).

Secara fisik diorama ini akan sama dengan museum, tetapi dilengkapi dengan dokumen asli yang sah. Sebagai tahap awal, pihaknya sudah mulai melakukan diskusi dan kajian untuk membahas perjalanan sejarah Sleman dari masa ke masa. Penyusunan alur cerita juga mulai dilakukan untuk melihat rangkaian sejarah termasuk dengan berkonsultasi bersama beberapa ahli.

Budi Wibowo, Kepala Badan Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi (BPAD) DIY sebelumnya mengatakan, niatan ini merupakan hal yang baik. Terlebih lagi, Sleman merupakan daerah yang pertama kali akan mencetuskan ide ini dan memulai tahapan pembangunanya. “Rencanannya DIY baru akan mulai membuat diorama tahun depan,” jelasnya.

LOWONGAN PEKERJAAN
PURWACARAKA MUSIC STUDIO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
AMS Solo, Pendidikan Multikultur Pertama

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (27/11/2017). Esai inikarya Heri Priyatmoko, dosen Sejarah di Fakultas Sastra Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah heripri_puspari@yahoo.co.id. Solopos.com, SOLO–Menarik menyimak esai Bandung Mawardi berjudul Mengenang (Pendidikan) Guru (Solopos, edisi 24 November…