Jogja
Jumat, 8 Desember 2017 - 19:40 WIB

Siap-Siap Jokowi Melancong ke Gunungkidul, Ada Apa?

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi). (setkab.go.id)

Presiden Peringati Hari Menanam Pohon di Ponjong.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) di Desa Karangasem, Kecamatan Ponjong pada Sabtu (9/12/2017) dijadwalkan akan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dalam acara tersebut akan dilakukan penanaman puluhan ribuan pohon.

Advertisement

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gunungkidul, Agus Priyanto mengatakan dalam acara peringatan HMPI dan Bulan menanam nasional, Presiden akan datang ke Desa Karangasem didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. “Sore ini [Jumat, 8/12/2017] saya dengan Bu Menteri [Siti Nurbaya Bakar] akan meninjau lokasi penanaman pohon,” ujarnya Jumat (8/12/2017).

Lokasi penanaman pohon di Desa Karangasem dinilainya tepat lantaran desa tersebut merupakan kawasan kapur yang perlu dihijaukan. Selain itu menurutnya di wilayah Kecamatan Ponjong banyak terdapat sumber air yang memungkinkan untuk ribuan pohon ditanam, sehingga mendapatkan pasokan air yang cukup.

Koordinator Penanaman Pohon, Wahyu Purwanto mengatakan Desa Karangasem memang memiliki potensi sumber air yang banyak sehingga cocok dan kemudian dipilih untuk lokasi penanaman pohon. Selain itu harapannya dengan banyak pepohonan diharapkan dapat menghalau serangan moyet yang kerap merusak pertanian warga.

Advertisement

“Nanti akan ditanam 45.000 pohon terdiri pohon akasia, pohon jati dan buah-buahan, sehingga sekaligus dapat menjadi habitat bagi moyet agar tidak menyerang lahan pertanian warga,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif