Jogja
Jumat, 8 Desember 2017 - 21:40 WIB

Mari Wisata, Akses ke Baron Sudah Normal

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wisatawan di Pantai Baron Gunungkidul (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Akses menuju Baron sudah kembali normal.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL–Banjir yang terjadi di wilayah Gunungkidul akhir November lalu sempat memutus akes menuju Pantai Baron selama satu minggu. Namun demikian, sejak Rabu (6/12/2017) kondisi jalan telah normal sehingga akses menuju Pantai Baron kembali lancar.

Advertisement

Tokoh masyarakat Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari Ngatno mengakui banjir bandang yang terjadi di sekitaran SMK Negeri 1 Tanjungsari tidak hanya merendam lokasi sekolah, namun juga sempat memutus arus utama menuju Pantai Baron. Akibatnya, para pengunjung harus memutar melalui jalur di wilayah Tepus maupun Jalur Jalan Lintas Selatan di wilayah Kecamatan Saptosari.

Menurut dia, lumpuhnya jalur menunju Pantai Baron terjadi selama satu minggu. Ini lantaran jalur di depan SMK N 1 Tanjungsari terendam banjir. “Sebenarnya Minggu [3/12/2017] sudah bisa dilalui, tapi belum semua kendaraan bisa melintas karena air masih menggenang,” kata Ngatno kepada Harianjogja.com, Jumat (8/12/2017).

Mantan Kepala Desa Kemadang ini menerangkan, air di jalan menuju Pantai Baron baru benar-benar kering pada Senin (4/12/2017) siang. Praktis dengan hilangnya genangan air maka akses menuju kawasan wisata kembali lancar sehingga tidak perlu lalu memanfaatkan jalur yang lain. “Sudah tidak ada kendala dan kondisi sekarang lancar dan kondisi wisata sudah kembali bergeliat,” ungkapnya.

Advertisement

Dia mengai pasca-banjir, tingkat kunjungan wisatawan sempat berkurang. Hal ini terlihat dari omzet yang diperoleh pedagang, tapi kondisi tersebut hanya sementara. “Saya tahu karena juga sebagai pelaku usaha. Saya bersyukur kondisi sekarang sudah normal kembali,” tutur Ngatno.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif