Pemain Vita Solo menggelar latihan jelang Divisi Utama Livoli 2017 di GOR Manahan, beberapa hari lalu. (istimewa)
Jumat, 8 Desember 2017 01:30 WIB Moh. Khodiq Duhri/JIBI/Solopos Umum Share :

LIVOLI 2017
Hadapi TNI AL, Vita Solo Benahi Mental

Livoli 2017 diikuti oleh Vita Solo.

Solopos.com, TANGERANG — Kampanye Vita Solo di Liga Voli Indonesia 2017 Divisi Utama terbilang kurang memuaskan. Dari empat laga yang dijalani bagi di babak penyisihan grup hingga play off, Vita Solo hanya mampu mengemas satu kemenangan kontra Alko Bandung.

Kemenangan itu baru bisa diraih di laga terakhir, Rabu (6/12/2017). Mesin Vita Solo bisa dibilang terlambat panas. Faktor mental ditengarai menjadi penyebab Rika Yuniar dkk. menelan tiga kekalahan beruntun di awal kompetisi.

Saat ini, Vita Solo menduduki peringkat 5 klasemen sementara dengan 4 poin. Vita Solo wajib menang melawan TNI AL di laga pamungkas babak play off yang digelar di GOR Dimyati Tangeran Banten, Jumat (8/12/2017). Kabar baik bagi Vita Solo karena semua pemain dalam kondisi fit jelang laga hidup mati itu.

“Alhamdulillah semua pemain dalam kondisi sehat dan siap tempur. Yang perlu kami persiapkan saat ini adalah membenahi mental pemain. Caranya ya dengan memberikan banyak motivasi kepada para pemain,” jelas Pelatih Vita Solo Agus Suyanto saat dihubungi Solopos.com, Kamis (7/12/2017).

Setelah menelan tiga kekalahan beruntun kontra Mabes TNI, TNI AU dan Petrokimia Gresik, nasib Vita Solo sebetulnya sudah berada di ujung tanduk. Vita Solo kala itu menempati dasar klasemen sementara yang masuk zona degradasi. Namun, kemenangan atas Alko Bandung telah membuka asa Vita Solo untuk tetap bertahan di Livoli 2018.

“Lawan kami berikutnya TNI AL punya kelebihan dalam materi pemain yang merata dan seimbang,” papar Agus.

Asisten Pelatih Vita Solo Ardhiansyah berharap anak asuhnya tidak mengulang kesalahan yang sama pada laga pertama hingga ketiga. Saat menghadapi Alko Bandung, para pemain sudah mulai bisa tampil konsisten tanpa banyak melakukan kesalahan yang bisa membuat lawan mendapat poin secara gratis.

“TNI AL kualitasnya nyaris sama dengan kita. Jika bisa tampil seperti lawan Alko, kita yakin bisa meraih kemenangan atas TNI AL,” ujarnya.

LOWONGAN PEKERJAAN
PURWACARAKA MUSIC STUDIO, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pembuang Makanan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (30/11/2017). Esai ini karya Setyaningsih, esais dan penghayat pustaka anak. Alamat e-mail penulis adalah langit_abjad@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Tahun lalu ternyata Indonesia memiliki prestasi yang wah cenderung angkuh. Prestasi itu bukan kemenangan di bidang olahraga,…