Paulo Fonseca (JIBI/REUTERS/Valentyn Ogirenko)
Jumat, 8 Desember 2017 00:30 WIB Chrisna Chanis Cara/JIBI/Solopos Liga Champions Share :

LIGA CHAMPIONS
Shakhtar Donetsk Lolos, Pelatih Berubah Jadi Zorro

Liga Champions diwarnai dengan lolosnya Shakhtar Donetsk ke babak 16 Besar.

Solopos.com, DONETSK – Ada yang aneh dalam sesi konferensi pers seusai laga Shakhtar Donetsk melawan Manchester City di Metalist Stadium, Kharkiv, Kamis (7/12/2017) dini hari WIB. Sesosok lelaki yang memakai topeng, jubah dan topi serba hitam tiba-tiba muncul di ruangan yang harusnya diisi pelatih kedua tim.

Alih-alih ketakutan, para jurnalis justru tersenyum lebar melihat sosok yang mirip tokoh film Zorro itu. Lelaki di balik topeng Zorro tak lain adalah Paulo Fonseca. Pelatih Shakhtar Donetsk ini memang pernah berjanji akan memakai kostum tokoh vigilante itu jika timnya lolos dari fase grup Liga Champions.

Impian pelatih asal ini Portugal ternyata benar-benar kesampaian. The Miners, julukan Donetsk, berhasil melenggang ke babak 16 besar dengan status runner up Grup F seusai membungkam Manchester City dengan skor 2-1. “Ini adalah konferensi pers paling menyenangkan dalam karier saya,” ujar Fonseca seperti dilansir BBC, Kamis.

Shakhtar sebenarnya hanya butuh hasil seri untuk lolos ke babak selanjutnya. Namun klub Ukraina itu justru mampu menumbangkan City lewat gol Bernard dan Ismaily di babak pertama. Kemenangan ini bahkan menodai laga ke-100 Josep “Pep” Guardiola bersama Manchester City.

Di laga itu, Manchester Biru hanya mampu membalas lewat penalti Sergio Aguero jelang bubaran. “Saya merasa sangat gembira. Saya pikir bukan cuma supporter Shakhtar, tapi warga Ukraina harus bangga dengan tim ini,” tutur pelatih 44 tahun itu.

Para pemain The Miners pun tak luput dalam euforia kemenangan. Gelandang Shakhtar, Taras Stepanenko, menyebut laga melawan City akan diingat fans dalam waktu yang lama. Dia menyebut komitmen pemain dan kedisiplinan menjadi kunci kemenangan timnya melawan raksasa Inggris.

“Ini pertandingan yang sangat sulit. Namun kami menampilkan serangan balik yang luar biasa. Sangat cepat dan tajam. Kami bahagia bisa mencapai tujuan kami,” ujarnya dilansir uefa.com. 

lowongan pekerjaan
PERUSAHAAN TEKSTIL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pembuang Makanan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (30/11/2017). Esai ini karya Setyaningsih, esais dan penghayat pustaka anak. Alamat e-mail penulis adalah langit_abjad@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Tahun lalu ternyata Indonesia memiliki prestasi yang wah cenderung angkuh. Prestasi itu bukan kemenangan di bidang olahraga,…