Ilustrasi (JIBI/Dok)
Kamis, 7 Desember 2017 13:20 WIB Rima Sekarani I.N/JIBI/Harian Jogja Kulon Progo Share :

Wajib Pajak di Kulonprogo Bisa Mengecek Validitas Pajak melalui KSWP

Kulonprogo menjadi pelopor dalam penerapan program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) di DIY

Solopos.com, KULONPROGO-Kulonprogo menjadi pelopor dalam penerapan program Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) di DIY. Hal tersebut diharapkan tidak cuma memperkuat sistem administrasi perpajakan tetapi juga meningkatkan kepatuhan para wajib pajak.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Wates, Herlin Sulismiyarti mengatakan, program KSWP dilaksanakan berdasarkan Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) No.112/2016 tentang KSWP dalam Pemberian Layanan Publik Tertentu di Lingkungan Pemerintah Daerah.

Peraturan tersebut menegaskan adanya pemenuhan kewajiban perpajakan sebagai prasyarat menerima pelayanan publik dari pemerintah daerah.

Herlin mengungkapkan, koordinasi dengan Pemkab Kulonprogo soal KSWP sudah dijalin sejak 2016 lalu. Pihaknya memberikan pendampingan pembuatan regulasi pendukung dan teknis penggunaan aplikasi sistem informasi terkait.

Mulai November kemarin, layanan publik tertentu dijalankan dengan menggunakan sistem informasi yang terhubung dengan Direktorat Jendral Pajak. Sistem itu akan menunjukkan status wajib pajak saat dilakukan KSWP, apakah valid atau tidak.

“Sudah ada beberapa jenis perizinan disyaratkan dengan KSWP, misalnya Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP),” kata Herlin, Selasa (5/12/2017).

LOWONGAN PEKERJAAN
SMK MUHAMMAADIYAH PROGRAM KHUSUS (PK) KARTASURA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pembuang Makanan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (30/11/2017). Esai ini karya Setyaningsih, esais dan penghayat pustaka anak. Alamat e-mail penulis adalah langit_abjad@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Tahun lalu ternyata Indonesia memiliki prestasi yang wah cenderung angkuh. Prestasi itu bukan kemenangan di bidang olahraga,…