Kamis, 7 Desember 2017 09:10 WIB Mia Chitra Dinisari/JIBI/Bisnis Peristiwa Share :

TURN BACK HOAX
BNPB: Gunung Galunggun Meletus Hoaks

BNPB mengonfirmasi kabar hoaks yang beredar via Internet dan jejaring sosial.

Solopos.com, JAKARTA – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Nugroho menyatakan berita tentang meletusnya Gunung Galunggung di Tasikmalaya adalah hoaks.

Isu yang mengatakan Gunung Galunggung meletus disertai hujan batu adalah hoaks atau berita bohong. Gunung Galunggung tetap Normal.

“Benda-benda yang beterbangan di lereng G.Galunggung disebabkan angin kencang dari awan Cumulonimbus. Hati-hatilah saat cuaca mendung dan ada awan Cumulonimbus,” ujarnya dalam akun twitternya.

Dia menjelaskan sampai saat ini Gunung Galunggung yang berada didi Tasikmalaya tetap status Normal. Tidak meletus. Tidak ada hujan batu. Benda-benda yang beterbangan karena tertiup angin kencang/puting beliung di lereng gunung.

Meski demikian, dia memberikan imbauan agar masyarakat tetap waspada, terutama saat mendung. Pasalnya, kumpulan awan Cumulonimbus menyebabkan angin kencang sebelum hujan.

Sutopo juga membagikan video kepanikan warga saat munculnya benda-benda beterbangan berikut ini

 

LOWONGAN PEKERJAAN
SMK MUHAMMAADIYAH PROGRAM KHUSUS (PK) KARTASURA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pembuang Makanan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (30/11/2017). Esai ini karya Setyaningsih, esais dan penghayat pustaka anak. Alamat e-mail penulis adalah langit_abjad@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Tahun lalu ternyata Indonesia memiliki prestasi yang wah cenderung angkuh. Prestasi itu bukan kemenangan di bidang olahraga,…