Kamis, 7 Desember 2017 13:30 WIB JIBI/Solopos.com/Newswire Internet Share :

TRENDING TOPIC
 10 Hashtag Terpopuler di Twitter Sepanjang 2017

Dari #savetianglistrik hingga #persibday menjadi hashtag paling banyak dicuitkan.

Solopos.com, JAKARTA – Twitter merangkum apa saja yang ramai diperbincangkan dan menjadi perhatian publik di tahun 2017. Media sosial berbasis microblogging ini merilis kategori-kategori yang dihitung berdasarkan trafik kicauan yang terjadi sepanjang tahun.

Untuk tahun 2017 sendiri beberapa hastag tercatat bergema di linimasa Twitter Indonesia. Berdasarkan data yang dirangkum Twitter. Berikut adalah tagar atau hashtag yang sering dipakai oleh netizen di Twitter yang menarik perhatian mereka, mulai dari budaya, olahraga, hiburan, politik, hingga kegiatan sosial seperti dilansir Okezone, Rabu (6/12/2017);

#PersibDay

Tagar ini hampir selalu dikobarkan oleh netizen pendukung kesebelasan Persib Bandung. Setiap kali Persib akan bertanding, tagar ini selalu muncul di jajaran trending topic Twitter.

Sepanjang Persib melangsungkan pertandingannya, tagar itu bahkan tak hentinya mewarnai linimasa Twitter. Sebelumnya tagar ini juga telah beberapa kali masuk dalam daftar tagar terpopuler. Namun di tahun ini, tagar #PersibDay menduduki posisi perta tagar terpopuler Twitter Indonesia.

#JumatBerkah

Tak kalah dengan tagar terkait Persib, tagar ini juga hampir selalu digaungkan netizen setiap hari Jumat. Masyarakat menilai bahwa Jumat merupakan hari yang baik sehingga tweet yang di-posting bertemakan doa serta harapan baik.

Pada 2017 ini, tagar #JumatBerkah untuk kali pertama masuk dalam jajaran 10 tagar terpopuler Twitter Indonesia.

#WingsTourInJakarta

Tagar ini banyak dikobarkan netizen saat Bangtan Boys (BTS) melangsungkan konsernya di Indonesia. Mayoritas tagar ini digaungkan oleh para penggemar boy band asal Korea Selatan tersebut.

#TimnasDay

Dukungan bagi tim nasional (Timnas) Indonesia selalu bergema tak hanya secara langsung namun juga di jejaring sosial Twitter. Tagar #TimnasDay kerap menjadi trending topik ketika timnas bertanding dengan klub-klub luar negeri. Pasalnya banyak netizen yang mengungkapkan dukungannya melalui tweet dengan tagar #TimnasDay.

#PersijaDay

Serupa dengan Persib, Persija juga memiliki supporter tersendiri. Setiap kali klub asal Jakarta itu bertanding, tagar #Timnas Day selalu bergema dan mewarnai linimasa Twitter.

#FreeAhok

Tagar ini digunakan oleh netizen untuk mendukung Basuki Tjahaya Purnama (Ahok). Ia divonis hukuman penjara atas kasus penistaan agama. Tak hanya netizen dalam negeri, warganet luar negeri pun mengunggah tweet dengan tagar yang sama demi mendukung mantan gubernur DKI Jakarta tersebut.

#RI72

Masyarakat menyambut hari kemerdekaan melalui berbagai media sosial termasuk Twitter. Berbagai posting-an dengan tagar #RI72 diunggah netizen dalam rangka membagikan perayaan yang dilakukan di daerahnya. Banyaknya posting-an dengan tagar ini, membuat #RI71 masuk dalam daftar 10 tagar terpopuler Twitter Indonesia.

#TimnasDay

Dukungan bagi tim nasional (Timnas) Indonesia selalu bergema tak hanya secara langsung namun juga di jejaring sosial Twitter. Tagar #TimnasDay kerap menjadi trending topik ketika timnas bertanding dengan klub-klub luar negeri. Pasalnya banyak netizen yang mengungkapkan dukungannya melalui tweet dengan tagar #TimnasDay.

#GojekTravelokaLiga1

Liga ini merupakan liga musim ke-60 dari kasta sepak bola tertinggi di Indonesia. Sambutan dan tanggapan dari netizen dalam setiap pertandingan membuat tagar ini hampir selalu muncul dalam jajaran trending topic Twitter Indonesia.

#SaveTiangListrik

Tiang listrik belum lama ini menjadi perbincangan hangat netizen dan masyarakat di Indonesia. Tagar ini berkaitan dengan Ketua DPR, Setya Novanto yang sebelumnya menjadi incaran KPK.

Ia mengalami kecelakaan ketika mobilnya menabrak tiang listrik di daerah Jakarta Selatan. Tak lama setelah insiden itu terjadi tagar ini muncul mewarnai linimasa Twitter.

#PilkadaDKI

Tagar ini mendominasi momen Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Netizen menggunakan tagar tersebut untuk berbagi dan mencari lokasi terkait Pilkada DKI. Tak hanya itu, tagar ini juga disertakan netizen dalam unggahan opininya di Twitter.

lowongan pekerjaan
PT.MERAPI ARSITA GRAHA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pembuang Makanan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (30/11/2017). Esai ini karya Setyaningsih, esais dan penghayat pustaka anak. Alamat e-mail penulis adalah langit_abjad@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Tahun lalu ternyata Indonesia memiliki prestasi yang wah cenderung angkuh. Prestasi itu bukan kemenangan di bidang olahraga,…