Jogja
Kamis, 7 Desember 2017 - 04:20 WIB

Penumpang Makin Sepi, Bagaimana Pendapatan Trans Jogja

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bus baru Trans Jogja berwarna biru siap mengaspal, Rabu (25/5/2016). (Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja)

Terus menurunnya jumlah penumpang Trans Jogja dipastikan berimbas pada pendapatan

Harianjogja.com, JOGJA- Terus menurunnya jumlah penumpang Trans Jogja dipastikan berimbas pada pendapatan.

Advertisement

Baca juga : Warga Semakin Enggan Naik Bus Trans Jogja

Kepala Unit Pelaksana Teknis Trans Jogja, Dinas Perhubungan DIY, Sumariyoto memprediksi pendapatan dari Trans Jogja tahun ini menurun sekitar Rp3 miliar. Sampai akhir November tahun ini pendapatan baru mencapai sekitar Rp17 miliar. Sampai akhir tahun nanti, kata dia, tambahan pendapatan Rp1-1,5 miliar. Sementara tahun lalu bisa mencapai Rp21 miliaran.

Namun, ia menegaskan, Trans Jogja, tidak terlalu fokus pada pendapatan, karena transportasi umum berbasis bus rapid transit tersebut lebih fokus pada pelayanan. Sebab, muatan penuh atau tidak, pihaknya tetap harus mensubsidi Trans Jogja.

Advertisement

“Satu kali perjalanan untuk satu Trans Jogja kalau penuh 40 orang. Jika tiket rata-rata Rp3.000 saja maka tidak nutup, karena sekali perjalanan per unit Trans Jogja membutuhkan biaya Rp250.000,” jelasnya, di Hotel Harper Mangkubumi, Rabu (6/12/2017).

Sebelumnya, Peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik UGM, Arif Wismadi, kepada media ini menyatakan untuk menyelamatkan Trans Jogja maka pengadaan jalur khusus menjadi keharusan. “Tanpa jalur khusus sudah pasti angkutan umum akan ikut dalam kemacetan,” kata Arif.

Menurut dia, dengan tidak ada jalur khusus, maka Trans Jogja akan tenggelam dalam kemacetan, imbasnya akan ditinggalkan penumpang. Di sisi lain subsidi juga akan terus bertambah.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif