Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Paulus Tandi Bone)
Kamis, 7 Desember 2017 21:40 WIB Feni Freycinetia/JIBI/Bisnis Peristiwa Share :

Pemprov DKI Siapkan Rumah DP Rp0 di 3 Lokasi, Bentuknya Rusun

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan rumah DP Rp0 di tiga lokasi. Bentuknya bukan rumah tapak, melainkan rusun.

Solopos.com, JAKARTA — Pemprov DKI Jakarta menyediakan tiga lokasi pembangunan properti untuk program rumah uang muka (down payment) nol rupiah atau “Rumah DP Rp0 /0%” yang diusung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Pemprov Agustino Darmawan mengatakan lahan-lahan tersebut akan dibangun oleh Pemprov DKI dan badan usaha milik daerah (BUMD), yaitu PD Pembangunan Sarana Jaya dan PT Jakarta Propertindo.

“Lokasi yang disiapkan untuk program DP Rp0, yaitu di Pulo Gadung dan Pondok Kelapa, Jakarta Timur. Satu lagi di Jalan Laksamana Yos Sudarso, Kecamatan Sunter, Jakarta Utara,” ujarnya ketika dihubungi Bisnis/JIBI, Kamis (7/12/2017).

Dia menuturkan Dinas Perumahan Rakyat bertanggung jawab membangun properti di Pulo Gadung. Sementara itu, PD Sarana Jaya dan PT Jakpro masing-masing mendapat tugas mendirikan bangunan di Pondok Kelapa dan Jl. Yos Sudarso.

Meski program tersebut dinamakan Rumah DP Rp0, Agustino mengatakan jenis properti yang akan dibangun di tiga lokasi tersebut berupa rumah susun sederhana milik atau rusunami. Program tersebut tak akan bisa berjalan apabila pemerintah membangun rumah tapak.

“Enggak mungkin [bangun rumah tapak], harga tanahnya mahal. Warga tidak akan sanggup bayar pokok cicilan,” jelasnya.

Agustino menambahkan untuk tahap awal Pemprov DKI dan dua BUMD berencana membangun empat menara atau tower. Sementara itu, tipe rusunami yang disediakan yakni tipe 21 atau studio dan tipe 36 yang dilengkapi satu dan dua kamar.

LOWONGAN KERJA
PAUD EL-MEDINA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pembuang Makanan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (30/11/2017). Esai ini karya Setyaningsih, esais dan penghayat pustaka anak. Alamat e-mail penulis adalah langit_abjad@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Tahun lalu ternyata Indonesia memiliki prestasi yang wah cenderung angkuh. Prestasi itu bukan kemenangan di bidang olahraga,…