Wisatawan bermain di Pantai Klayar, Pacitan, beberapa waktu lalu. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com) Wisatawan bermain di Pantai Klayar, Pacitan, beberapa waktu lalu. (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)
Kamis, 7 Desember 2017 19:55 WIB David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

Lomba Perahu Kayak dan Pentas Seni Jadi Trauma Healing Korban Bencana Gunungkidul

Lomba kayak tradisional memberikan trauma healing bagi masyarkat pasca banjir bandang yang terjadi di sepanjang aliran Sungai Oya.

Solopos.com, GUNUNGKIDUL- Kepala Seksi Promosi dan Informasi, Dinas Pariwisata Gunungkidul Purnomo Sumardamto mengatakan ada dua kegiatan yang dilaksanakan dalam rangkaian lomba kayak tradisional.

Selain pelaksanaan kegiatan lomba kayak tradisional pada pada Minggu (10/12), sehari sebelumnya, pada Sabtu (9/10/2017) malam, akan digelar pentas seni campursari.

Menurut dia, hiburan tersebut bukan hanya sebagai rangkaian dari lomba, namun juga untuk memberikan trauma healing bagi masyarkat pasca banjir bandang yang terjadi di sepanjang aliran Sungai Oya.

“Di Klayar menjadi salah satu daerah yang terdampak banjir sehingga dapat menjadi pengobat untuk bangkit dari trauma. Dari even ini juga sebagai bukti bahwa pasca banjir pariwisata di Gunungkidul tetap berjalan,” katanya, Kamis (7/12/2017).

Sementara itu, salah seorang warga Kedungpoh, Nglipar Sumarno mengaku senang dengan rencana kegiatan lomba kayak tradisional di Klayar. Menurut dia, kegiatan tersebut dapat menjadi salah satu cara mengenalkan potensi wisata di daerah tersebut.

“Harapannya jadi semakin terkenal dan dapat memberikan dampak yang baik terhadap kesejahteraan masyarakat di sekitar wisata air di Klayar,” katanya.

lowongan pekerjaan
PT.SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pembuang Makanan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (30/11/2017). Esai ini karya Setyaningsih, esais dan penghayat pustaka anak. Alamat e-mail penulis adalah langit_abjad@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Tahun lalu ternyata Indonesia memiliki prestasi yang wah cenderung angkuh. Prestasi itu bukan kemenangan di bidang olahraga,…