ilustrasi (JIBI/dok)
Kamis, 7 Desember 2017 23:50 WIB Imam Yuda S./JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

Hadapi Natal dan Tahun Baru, Pertamina Tambah Pasokan

Libur Natal dan Tahun Baru disongsong Pertamina dengan menambah pasokan BBM dan elpiji.

Solopos.com, SEMARANG – Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Bagian Tengah (JBT) menjamin stok bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) aman saat libur Natal 2017 maupun Tahun Baru 2018.

Manajer Humas dan CSR Pertamina MOR IV JBT, Andar Titi Lestari, menilai lonjakan konsumsi BBM dan elpiji saat libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 sudah menjadi hal yang wajar dan terjadi di seluruh wilayah. Oleh karenanya, guna mengantisipasi terjadinya kelangkaan BBM dan elpiji, pihaknya pun menambah pasokan ke seluruh daerah di Jateng dan DIY.

Untuk bahan bakar jenis gasoline atau bensin rata-rata akan dilakukan penambahan sekitar 7,6% dibanding hari biasa. Sementara untuk gasoil atau solar, pasokannya oleh Pertamina justru dikurangi sekitar 1% dibanding hari biasa. Sedangkan, untuk bahan bakar jenis Pertamina Dex dan elpiji, pasokan akan ditambah sekitar 11% hingga 20,9%.

“Pertalite sebagai salah satu bahan bakar khusus (BBK) unggulan Pertamina pasokannya juga akan ditambah sekitar 7% dari rata-rata konsumsi harian yang mencapai 6.205 KL, diikuti dengan stok produk lainnya, seperti Pertamax naik 8%, Pertamax Turbo 12%, Premium 7% dan Dexlite naik 7,5%,” tutur Andar dalam pernyataan resmi kepada Solopos.com, Kamis (7/12/2017).

Andar menambahkan konsumsi Pertalite saat ini memang tergolong tinggi. Hal itu dikarenakan masyarakat sudah banyak yang mengerti manfaat dari BBM non subsidi tersebut, yakni membuat kinerja mesin menjadi lebih optimal dan efisien.

Namun, pemakaian BBM subsidi, seperti solar, justru cenderung mengalami penurunan. Oleh karenanya, pihaknya pun mengurangi pasokan solar 1% dari rata-rata konsumsi yang mencapai 5.335 KL.

“Penurunan pasokan solar juga disebabkan adanya larangan melintas bagi kendaraan besar atau truk saat libur Natal dan Tahun Baru,” beber Andar.

Tidak jauh berbeda dengan BBM, Pertamina juga telah menyiapkan antisipasi kenaikan konsumsi elpiji baik subsidi maupun non-subsidi.

“Untuk memonitor stok BBM dan elpiji secara komprehensif, Pertamina MOR IV JBT juga membentuk Satgas Natal dan Tahun baru. Selain itu, kami juga akan menyediakan 14 SPBU kantong dan 20 SPBE kantong di beberapa titik di wilayah Jateng dan DIY,” terang Andar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

lowongan pekerjaan
QUALITY CONTROL & ADMIN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pembuang Makanan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (30/11/2017). Esai ini karya Setyaningsih, esais dan penghayat pustaka anak. Alamat e-mail penulis adalah langit_abjad@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Tahun lalu ternyata Indonesia memiliki prestasi yang wah cenderung angkuh. Prestasi itu bukan kemenangan di bidang olahraga,…