Suasana Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2017 di Alun-Alun Utara Kota Jogja, Jumat (10/11/2017). (Ocktadika Cahya A/JIBI/Harian Jogja) Suasana Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2017 di Alun-Alun Utara Kota Jogja, Jumat (10/11/2017). (Ocktadika Cahya A/JIBI/Harian Jogja)
Rabu, 6 Desember 2017 11:40 WIB Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Pemkot Lepas Tangan Perpanjangan PMPS

PMPS masih berlangsung di Alun-alun Utara.

Solopos.com, JOGJA–Pemerintah Kota Jogja menyatakan penyelenggaraan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2017 selesai sampai 1 Desember kemarin. Perpanjangan PMPS sampai 10 Desember nanti di luar tanggung jawab Pemerintah Kota Jogja.

“PMPS yang kami selenggarakan sudah selesai, kalau ada perpanjangan itu bukan tanggung jawab kami lagi,” ujar Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Jogja, Sri Harnanik, melalui sambungan telepon, Selasa (5/12/2017).

Sri Harnanik yang juga sebagai wakil panitia PMPS 2017 mengaku tidak tahu menahu urusan administrasi perpanjangan PMPS karena PMPS secara resmi sudah selesai. Sebelumnya ia menyatakan meski PMPS sudah selesai pedagang diberi waktu pembongkaran stan PMPS selama sepekan.

Sampai kemarin, kegiatan PMPS di Alun-alun Utara (Altar) masih berlangsung. Para pedagang akan berjualan sampai 10 Desember mendatang. Mereka mengklaim sudah mendapat restu dari Kraton terkait penggunaan Altar untuk kegiatan perpanjangan PMPS. Alasan pengajuan perpanjangan ini karena selama tiga pekan, 10-30 Desember PMPS berlangsung banyak ruginya dengan dalih cuaca hujan.

Namun perpanjangan ini tidak mengantongi izin keramaian dari kepolisian. Polresta Jogja sudah tidak memperpanjang izin keramaian PMPS karena tradisi tahunan Sekaten dari Kraton tersebut sudah selesai yang ditandai dengan Grebeg Mulud.

lowongan pekerjaan
QUALITY CONTROL & ADMIN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Sekaten, Ritual dan Dakwah

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (2/12/2017). Esai ini karya Muh. Fajar Shodiq, dosen Ilmu Sejarah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah fajarshodiq70@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Awal Desember ini Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) dan…