Cristiano Ronaldo (JIBI/REUTERS/Juan Medina)
Rabu, 6 Desember 2017 08:25 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Liga Champions Share :

LIGA CHAMPIONS
Madrid Vs Dortmund: CR7 Butuh Hattrick untuk Samai Rekor

Liga Champions akan menyajikan duel real Madrid vs Borussia Dortmund.

Solopos.com, MADRID — Persaingan meraih dua tiket ke fase knock-out Liga Champions dari Grup H memang sudah berakhir. Meski demikian masih ada hal-hal menarik untuk diwujudkan pada partai penutup Grup H antara Real Madrid versus Borussia Dortmund di Santiago Bernabeu, Madrid , Kamis (7/12/2017) pukul 02.45 WIB.

Dua jatah tiket ke babak 16 besar Grup H dikunci Tottenham Hotspur dan Madrid. Tottenham dipastikan finis sebagai juara grup, sementara Madrid menjadi runner-up. Itu karena Tottenham unggul tiga poin, plus unggul head-to-head atas Madrid pada satu laga tersisa.

Meski mustahil mengudeta Tottenham dari posisi juara grup, Madrid tetap memiliki ambisi memenangi laga penutup Grup H melawan Dortmund. Salah satu bintang Madrid yang paling bersemangat membikin Dortmund semakin menderita setelah dipastikan gagal lolos ke babak 16 besar, yakni Cristiano Ronaldo.

Mesin gol asal Portugal itu berambisi mengejar rekornya saat mencetak 11 gol pada fase grup Liga Champions 2015/2016. CR7, sapaan Ronaldo, sejauh ini telah mengoleksi delapan gol dalam lima pertandingan Grup H. Itu artinya, Ronaldo harus mencetak hattrick ke gawang Dortmund jika ingin menyamai rekornya pada dua tahun silam.

Ronaldo besaing menjadi top scorer Liga Champions musim ini dengan Wissam Ben Yedder (Sevilla), Edison Cavani (PSG), Neymar (PSG), dan Harry Kane (Tottenham). Ronaldo masih unggul atas pesaing-pesaingnya yang sama-sama mengoleksi enam gol dalam lima pertandingan.

Ronaldo beruntung karena masih selalu mendapat kepercayaan Manajer Madrid, Zinedine Zidane, sebagai starter di lini depan timnya. Padahal isi rekening gol Ronaldo seret di Liga Spanyol. Dia hanya mampu menyokong dua gol dalam 10 pertandingan di liga domestik Spanyol itu.

Dalam penampilan terbarunya di Liga Primera, Ronaldo gagal memecah kebuntuan timnya ketika ditahan imbang 0-0 di markas Athletic Bilbao, akhir pekan lalu.Namun Zidane akan memberikan kepercayaan yang sama kepada peraih lima Ballon d’Or itu saat Madrid menjamu Dortmund di pertandingan pamungkas Grup H Liga Champions.

“Saya pikir Cristiano layak mendapat respek lebih, dia hebat ketika beberapa hal tidak berjalan normal yang membuat orang-orang membicarakannya. Kami baru melewati sekitar setengah musim, masih ada enam bulan lagi [bagi Ronaldo membuktikan diri]. Enam bulan waktu yang panjang untuk Ronaldo,” urai Zidane, seperti dilansir marca.com, Selasa (5/12/2017).

Duel di Santiago Bernabeu juga masih krusial bagi Dortmund. Tim berjuluk Die Borussen ini harus menang untuk memperjuangkan posisi ketiga Grup H agar bisa tampil di babak 32 besar Liga Europa. Dortmund bersaing dengan APOEL untuk memperebutkan tiket tersebut. Kedua tim sama-sama mengoleksi dua poin dari lima pertandingan rup H. APOEL akan bertandang ke markas Tottenham, Stadion Wembley, pada partai penutup Grup H.

lowongan pekerjaan
PT. Merak Jaya Abadi, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Sekaten, Ritual dan Dakwah

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (2/12/2017). Esai ini karya Muh. Fajar Shodiq, dosen Ilmu Sejarah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah fajarshodiq70@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Awal Desember ini Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) dan…