Liverpool (JIBI/REUTERS/Phil Noble)
Rabu, 6 Desember 2017 06:25 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Liga Champions Share :

LIGA CHAMPIONS
Liverpool Vs Spartak Moskow: Ketat Sampai Akhir

Liga Champions akan menyajikan duel Liverpool vs Spartak Moskow.

Solopos.com, LIVERPOOL — Persaingan di Grup E menjadi paling sengit pada putaran penutup fase grup Liga Champions musim ini. Terbukti, belum ada satu pun tim dari grup ini yang memastikan tiket ke babak 16 besar dalam satu pertandingan tersisa.

Ketiga tim Grup E pun masih memiliki peluang memperebutkan dua tiket ke fase knock-out. Mereka adalah Liverpool (9 Poin), Sevilla (8 Poin), dan Spartak Moskow (6 Poin). Pada pertandingan penutup Grup E, Liverpool akan menjamu Spartak di Anfield, Liverpool, Kamis (7/12/2017) pukul 02.45 WIB. Sementara pada waktu bersamaan Sevilla akan melawat ke markas Maribor yang sudah dipastikan terliminasi sebagai juru kunci di Grup E.

Sebagai pemegang trofi juara lima kali Liga Champions, Liverpool sebenarnya difavoritkan lebih cepat lolos dari Grup E. Namun tim yang nakhodai Jurgen Klopp itu selalu bermain imbang dalam tiga laga melawan rival langsung mereka.

Terbaru Liverpool terpaksa menunda pesta kelolosan ke fase knock-out karena hanya bermain imbang 3-3 di kandang Sevilla, November 2017 lalu. Padahal, dalam pertandingan itu, The Reds, julukan Liverpool, sempat unggul 3-0 melalui dua gol Roberto Firmino dan Sadio Mane.

Dalam laga penutup di Anfield, Liverpool tidak boleh berbuat konyol lagi. Tim asal Merseyside ini hanya membutuhkan hasil imbang kontra Spartak apabila ingin lolos ke fase knock-out. Tapi Philippe Coutinho dkk. harus menang jika ingin finis sebagai juara grup.

Sedangkan Spartak harus menang di Anfield agar tidak tereliminasi dari liga paling elite di Benua Biru ini. Bahkan kemenangan belum tentu menjamin tim asal Rusia itu melangkah ke babak berikutnya jika Sevilla juga memetik poin sempurna di Maribor.

Dalam pertemuan pertama Grup E di Moskow, Liverpool bermain imbang 1-1. Namun kubu The Reds sangat percaya diri bisa menaklukkan Spartak kali ini. Selain karena mereka akan bermain di Anfield, performa The Reds sedang oke setelah melumat Brighton & Hove Albion 5-1 pada Liga Inggris akhir pekan lalu.

Meski demikian, Klopp mengakui kemenangan telak Roberto Firmino dkk. atas Brighton tidak lantas membuatnya “terbang ke bulan”. “Saya tidak suka terlalu merasa ‘terbang ke bulan’ setelah laga seperti itu. Musim lalu, kolega Anda [media] mengatakan kami tidak punya solusi ketika menghadapi tim-tim parkir bus. Jadi sekarang ketika kami mencetak lima, tiga gol, kami berpikir oke ini bagus,” jelas Klopp, dilansir Bleacherreport.co.uk, Selasa (5/12).

Saido Mane akan kembali menjadi starter setelah hanya menganggur di bangku cadangan saat Liverpool membantai Brighton. Winger Liverpool asal Senegal itu mengaku tidak memiliki masalah dengan Klopp meski belakangan ini berapa kali harus menghuni bangku cadangan belakangan ini. “Jurgen Klopp seperti ayah bagiku,” jelas Mane, dikutip teamtalk.com.

Sayangnya, Liverpool mengalami krisis di barisan belakang. Bek Joe Gomez absen ketika melawan Brighton karena sakit. Sementara Joel Matip dipastikan absen selama sebulan karena cedera. Klopp kemungkinan akan memainkan Alexander-Arnold di pos bek kanan jika Gomez tidak sembuh tepat waktu.

Sedangkan Ragnar Klavan akan kembali diturunkan sebagai pendamping Dejan Lovren di jantung pertahanan The Reds setelah diistirahatkan saat melawan Brighton.

lowongan pekerjaan
PT.SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Sekaten, Ritual dan Dakwah

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (2/12/2017). Esai ini karya Muh. Fajar Shodiq, dosen Ilmu Sejarah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah fajarshodiq70@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Awal Desember ini Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) dan…