Jogja
Rabu, 6 Desember 2017 - 06:55 WIB

Korban Banjir Kulonprogo Bisa Dapat Penjernih Air Gratis

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga di sebuah rumah di Dusun Gotakan I, Desa Gotakan, tetap beraktivitas di dalam rumah, saat banjir berlangsung, Selasa (28/11). (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

“Kami menyiapkan banyak penjernih air”

Harianjogja.com, KULONPROGO-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kulonprogo menyiapkan bantuan berupa penjernih air yang bisa diakses korban banjir secara cuma-cuma.

Advertisement

Kebersihan air di lokasi terdampak banjir mendapatkan perhatian khusus karena dinilai dapat mencegah berbagai penyakit disebabkan bakteri. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinkes Kulonprogo, Bambang Haryatno kepada Harian Jogja, Selasa (5/12/2017).

“Kami menyiapkan banyak penjernih air, di antaranya sudah dibagikan di wilayah Cerme [Panjatan] sebanyak 20 paket,” kata dia.

Dinkes Kulonprogo sudah menyiagakan sebanyak 21 puskesmas di seluruh kecamatan untuk menghadapi bencana tanah longsor dan banjir yang rawan terjadi saat musim hujan. Stok obat-obatan pun ditambah sebagai langkah antisipasi. Tim kesehatan juga langsung diterjunkan saat bencana terjadi, termasuk ditempatkan di sejumlah lokasi pengungsian.

Advertisement

Bambang mengatakan, korban bencana yang sempat tinggal di pengungsian kebanyakan mengalami batuk dan pilek serta gejala penyakit kulit berupa gatal-gatal. Ada juga yang diare meski jumlahnya tidak signifikan.

“Memang airnya jadi kotor waktu rumah mereka terendam. Saat tim turun ke lapangan paska banjir surut, banyak bangkai ternak juga,” ujar Bambang.

Bambang menyatakan, pihaknya juga bekerja sama dengan instansi terkait lain untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan akibat bencana yang terjadi pekan lalu. Ketersediaan air bersih dianggap sudah seharusnya mendapatkan perhatian khusus. “Kami juga sudah siapkan kaporisasi kalau ada sumur-sumur yang berbau,” ungkap dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif