Beberapa karyawan Jogjakarta Plaza Hotel menyiapkan pemasangan pohon Natal botol bekas setinggi 4,40 meter. (Ist/Dok Jogjakarta Plaza Hotel) Beberapa karyawan Jogjakarta Plaza Hotel menyiapkan pemasangan pohon Natal botol bekas setinggi 4,40 meter. (Ist/Dok Jogjakarta Plaza Hotel)
Rabu, 6 Desember 2017 02:20 WIB Kota Jogja Share :

Ada Pohon Natal Raksasa dari Botol Bekas di Jogjakarta Plaza Hotel

“Untuk pohon Natal setinggi 4,40 meter ini dibutuhkan lebih kurang 3.000 botol air mineral”

Solopos.com, JOGJA-Seperti tahun-tahun sebelumnya, Jogjakarta Plaza Hotel kembali menghadirkan ornamen dekorasi menyambut Natal dengan bahan barang-barang bekas yang seringkali sudah terbuang. Barang-barang bekas ini diolah menjadi ornamen dekorasi yang cantik, mulai dari pohon Natal berukuran kecil hingga berukuran 4,40 meter.

Iman Hidayat, selaku Executive Housekeeping, dan Sri Indriastuti, selaku Assistant Executive Housekeeping menjelaskan, konsep pengolahan barang bekas ini menjadi satu kekhasan tersendiri di Jogjakarta Plaza Hotel.

Iman Hidayat menjelaskan, material yang dikumpulkan adalah botol air mineral berukuran 600 ml, tutup botol, garpu plastik bekas, holder roll-tissue, dan pudding cup. Pengumpulan material ini pun dilakukan sejak Agustus. Botol-botol air mineral dipasang menjadi empat pohon Natal dan salah satunya setinggi 4,40 meter.

“Untuk pohon Natal setinggi 4,40 meter ini dibutuhkan lebih kurang 3.000 botol air mineral. Botol-botol ini disusun dan dihias dengan pita-pita supaya menjadi lebih cantik,” ungkap dia dalam rilis yang diterima Harian JOgja, Selasa (5/12/2017).

Selain pohon Natal, Jogjakarta Plaza Hotel juga siapkan replika pohon Natal berukuran kecil yang dipasang di tiap meja di Srikaton Restaurant dan Colombo Pool and Terrace. Replika pohon Natal ini terbuat dari garpu-garpu plastik. Botol-botol air mineral yang masih ada pun juga diolah menjadi replika pohon Natal dengan ukuran sedang dan dihias lampu-lampu khas Natal.

Tak hanya pohon Natal, Jogjakarta Plaza Hotel juga berikan hiasan tiap pintu kamar tamu. Hiasan tersebut juga terbuat dari barang bekas yakni tutup botol air mineral yang disusun menyerupai pohon Natal 2 dimensi.

Sistem pengolahan barang bekas menjadi hiasan dan dekorasi Natal ini, menjadi daya tarik tiap tamu untuk mengambil foto. Keunikan dekorasi ini juga menjadi salah satu sarana Jogjakarta Plaza Hotel untuk tetap memanfaatkan barang-barang bekas menjadi olahan yang berguna.

lowongan pekerjaan
PT.MERAPI ARSITA GRAHA, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Sekaten, Ritual dan Dakwah

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (2/12/2017). Esai ini karya Muh. Fajar Shodiq, dosen Ilmu Sejarah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah fajarshodiq70@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Awal Desember ini Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) dan…