Jogja
Selasa, 5 Desember 2017 - 21:40 WIB

Tanggul Jebol, Ancam Dusun Krembangan

Redaksi Solopos.com  /  Bhekti Suryani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lokasi tanggul Sungai Sein yang jebol, Di Dusun Krembangan II, Desa Krembangan, Selasa (5/12/2017). (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)

Tanggul jebol akibat dipicu banjir.

Harianjogja.com, KULONPROGO–Sebuah tanggul di Sungai Sein, Dusun Krembangan II, Desa Krembangan, Kecamatan Panjatan jebol. Tanggul tersebut jebol karena tidak sanggup menanggung beban aliran sungai, akibat luapan air sungai, terutama saat hujan deras akibat Siklon Tropis Cempaka yang melanda DIY akhir November lalu.

Advertisement

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo menyatakan, jebolnya tanggul itu terjadi karena debit air sungai yang bermuara ke Pantai Trisik itu begitu besar, setelah Kulonprogo diguyur hujan deras beberapa hari belakangan. Ada dua titik yang mengalami kerusakan, titik pertama membuat kerusakan dengan lebar lebih dari 20 meter. Sedangkan titik kerusakan kedua terjadi pada talut, yang sebelumnya pernah dipasang.

“Sungai Sein ini merupakan pertemuan sungai yang airnya berasal dari irigasi sungai Serang, Sentolo dan Sungai Peni,” terang Hasto, Selasa (5/12/2017).

Ia menambahkan, perbaikan tanggul seharusnya segera dilakukan. Terlebih lagi cuaca sedang mendukung, namun perbaikan tanggul menemui kendala, akses jalan untuk membawa material berukuran kecil, hanya sekitar empat meter. Selain itu, tekstur tanah yang dianggap masih muda, menimbulkan kekhawatiran tanah bisa ambles ke sungai atau ke sawah.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif