Ilustrasi (Dok. SOLOPOS)
Selasa, 5 Desember 2017 07:40 WIB Irwan A. Syambudi/JIBI/Harian Jogja Gunung Kidul Share :

Ratusan Warga Terisolir, Bantuan Diseberangkan Pakai Tali

Ratusan warga masih terisolir.

Solopos.com, GUNUNGKIDUL— Banjir dan tanah longsor yang melanda Kabupaten Gunungkidul menyebabkan 11 jembatan mengalami kerusakan.

Salah satu jembatan putus berada di Dusun Gelaran I, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo. Akibat putusnya jembatan di Dusun Gelaran I, ada sekitar 400 warga yang terisolir. Kepala Dusun Gelaran I, Husein Pamungkas mengatakan, jembatan putus sudah terjadi sejak Selasa (28/11/2017) lalu akibat dihantam derasnya arus Sungai Oya.

Sejak beberapa hari terakhir warga pun hanya mengandalkan bantuan logistik dari pemerintah maupun pihak swasta. “Bantuan ditarik menyeberangi jembatan dengan menggunakan tali. Saat ini bantuan masih lancar, persediaan kira-kira cukup untuk satu pekan kedepan,” kata dia, senin (4/12/2017).

Baca juga : BADAI CEMPAKA : Ratusan Warga Imogiri Terisolir Dikepung Banjir

Pemkab Gunungkidul sendiri melansir, total biaya yang diperlukan untuk memperbaiki 11 jembatan yang putus diperkirakan mencapai lebih dari Rp30 miliar.

Seperti diketahui, banjir dan tanah longsor melanda DIY pada pengujung November lalu akibat dampak munculnya Badai Cempaka yang terjadi di selatan Jawa. Hujan deras, banjir dan tanah longsor menelan korban jiwa dan merusak berbagai infrastruktur publik.

Baca juga :BADAI CEMPAKA : Jembatan Putus di Bantul Jadi Tontonan Warga

lowongan pekerjaan
PT.SEJATI CIPTA MEBEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Sekaten, Ritual dan Dakwah

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (2/12/2017). Esai ini karya Muh. Fajar Shodiq, dosen Ilmu Sejarah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah fajarshodiq70@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Awal Desember ini Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) dan…