Soloraya
Selasa, 5 Desember 2017 - 11:35 WIB

Mbak Klaten 2016 Indira Salsabila Jadi Duta Wisata Indonesia 2017

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mbak Klaten 2016 Indira Salsabila Ayuwibowo akan mewakili Jateng di ajang pemilihan Duta Wisata tingkat nasional. (Taufiq Sidik Prakoso/JIBI/Solopos)

Pasangan Mas dan Mbak Jateng 2016 dinobatkan sebagai Duta Wisata Indonesia 2017.

Solopos.com, KLATEN – Mas dan Mbak Jawa Tengah (Jateng) 2016, Jodi Satria Affan dan Indira Salsabila Ayu Wibowo, dinobatkan sebagai Duta Wisata Indonesia 2017. Malam puncak pemilihan Duta Wisata Indonesia digelar di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (2/12/2017) malam.

Advertisement

Indira merupakan Mbak Klaten 2016. Putri pasangan Teguh Wibowo Slamet dan Eny Handayani dari Kecamatan Klaten Utara itu lahir pada 9 Mei 1997. Sementara, Jodi adalah Mas Jepara 2016.

“Sama sekali tidak menyangka [terpilih menjadi Duta Wisata Indonesia]. Kami hanya datang berdua sejak berangkat. Sama sekali tidak bawa official sementara yang lain membawa 12 hingga 15 orang. Kadang mental down melihat yang lain diurusi official selama karantina. Tetapi karena sejak dulu kami mandiri akhirnya tetap bisa tampil maksimal,” kata Indira saat dihubungi melalui ponsel Minggu (3/12/2017).

Indira mengatakan salah satu tahapan pemilihan Duta Wisata Indonesia yakni talent show dan presentasi. Pada tahapan itu, Indira dan Jodi menampilkan tarian berjudul The Romance of Roro Jonggrang yang mengisahkan tentang legenda Candi Prambanan.

Advertisement

Sementara, saat presentasi mereka menampilkan Pulau Mandalika, salah satu potensi wisata Kabupaten Jepara. “Saat tampil itu saya menjadi sinden sementara Mas Jodi semacam drama. Yang bikin unik itu kostum kami buatan Dekranasda Jateng seperti kostum nasional. Sementara, presentasinya kami menampilkan Pulau Mandalika menggunakan Bahasa Inggris,” urai dia.

Setelah terpilih menjadi Duta Wisata Indonesia, Indiri ingin mengajak seluruh duta wisata di berbagai daerah membuat video blog (vlog) tentang potensi wisata wilayah masing-masing.

“Kami akan mengajak seluruh duta wisata membuat video promosi potensi wisata masing-masing daerah yang diunggah ke Youtube. Dengan cara yang sederhana, tidak perlu program muluk-muluk, namun ada dampaknya membuat orang-orang tertarik mengunjungi objek wisata itu,” katanya.

Advertisement

Lebih lanjut, Indiri mengajak semua warga menjadi duta wisata bagi daerah masing-masing. Cara yang dilakukan yakni mempromosikan potensi wisata yang dimiliki.

“Semua daerah memiliki potensi wisata masing-masing. Sebagai warga Indonesia patut bagga dan memiliki kewajiban untuk promosi. Everyone is tourism ambassador,” ungkapnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif