Manchester United (JIBI/Reuters/Jason Cairnduff)
Selasa, 5 Desember 2017 09:30 WIB Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos Liga Champions Share :

LIGA CHAMPIONS
MU Vs CSKA: Hindari Skenario Kiamat

Liga Champions akan menyajikan laga MU vs CSKA Moskow.

Solopos.com, MANCHESTER — Inggris di ambang memecahkan rekor sebagai negara pertama dalam sejarah dengan mengirimkan lima wakil ke babak 16 besar Liga Champions.

Sejauh ini, sudah ada tiga tim dari Negeri Ratu Elizabeth II yang mengunci tiket ke fase knock-out, yakni Manchester City, Tottenham Hotspur, dan Chelsea. Sedangkan dua tim lain yang masih berjuang untuk menyegel posisi ke babak 16 besar yakni Manchester United dan Liverpool.

United sebenarnya melakoni fase grup dengan impresif. Tim yang dinakhodai Jose Mourinho itu menyapu empat pertandingan pembuka Grup A dengan kemenangan. Sayang, kekalahan 0-1 dari Basel pada matchday kelima, 22 November 2017 lalu menunda tim berjuluk Setan Merah itu lolos ke fase knock-out.

Meski demikian, United masih mungkin mengalami skenario kiamat alias doomsday scenario pada partai penutup Grup A dengan menjamu CSKA Moskow di Old Trafford, Manchester, Rabu (6/12/2017) pukul 02.45 WIB. United unggul tiga poin atas Basel dan CSKA yang masing-masing menorehkan 9 poin.

Skenario kiamat akan dialami United jika mereka kalah dengan skor selisih tujuh gol dari CSKA. Sebab, head-to-head tiga tim Grup A, United,  Basel, dan CSKA akan dijadikan jalan keluar jika sampai ketiganya memperoleh nilai sama. Jika itu terjadi, maka United akan menorehkan rekor memalukan yakni sebagai tim pertama yang gagal lolos ke fase knock-out meski menang dalam empat pertandingan pembuka grup.

Nah, Setan Merah harus memastikan tidak kalah dengan selisih tujuh gol dari CSKA setelah mereka menang 4-1 pada pertemuan di Moskow, Rusia. United tetap akan memastikan lolos ke babak 16 besar jika kalah 0-6 (1-7, 2-8, dan seterusnya) sekali pun!

Toh rasanya mustahil United kebobolan tujuh gol jika ada sosok kiper David de Gea di bawah mistar gawang mereka. Kiper bertubung ceking asal Spanyol itu baru saja menunjukkan penyelamatan-penyelamatan brilian ketika Setan merah membungkam Arsenal 3-1 di Stadion Emirates, London, Minggu (3/12/2017) dini hari WIB.

Skuat Setan Merah pun memilih untuk tetap fokus pada duel melawan CSKA meski akhir pekan nanti akan bertemu Manchester City pada Derby Manchester di Liga Inggris, Minggu (10/11/2017). “Saya tidak memikirkan laga Minggu [melawan City], sekarang waktunya CSKA. Kami belum benar-benar lolos jadi kami belum memikirkan City,” ujar gelandang United, Ander Herrera, seperti dikutip Reuters, Senin (4/12/2017).

Meski demikian, bukan hal mustahil apabila Mourinho akan melakukan rotasi pemain saat melawan CSKA agar sejumlah pilarnya bisa fit 100 persen saat Derby Manchester. Inilah kesempatan Mourinho mengistirahatkan Romelu Lukaku dan memasang Zlatan Ibrahimovic sebagai ujung tombak. Sementara peran Jesse Lingard sebagai pemain No. 10 akan digantikan Henrikh Mkhitaryan.

CSKA sendiri jauh-jauh datang dari Moskow ke Manchester tidak untuk gigit jari.  Tim besutan Viktor Goncharenko ini telah menunjukkan sinyal acaman sebelum tiba di Old Trafford dengan menang skor telak 6-0 atas tim Rusia, Tosno.

Jika CSKA bisa menambah satu gol lagi seperti ketika melawan Tosno, maka mimpi United lolos ke fase knock-out akan karam. Di sisi lain, CSKA selalu meraih kemenangan dalam dua laga away sebelumnya di Grup A.

lowongan pekerjaan
Salesman & Sopir, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Sekaten, Ritual dan Dakwah

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (2/12/2017). Esai ini karya Muh. Fajar Shodiq, dosen Ilmu Sejarah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah fajarshodiq70@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Awal Desember ini Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) dan…