Ilustrasi mobil dalam hujan. (Istimewa) Ilustrasi mobil dalam hujan. (Istimewa)
Selasa, 5 Desember 2017 11:40 WIB I Ketut Sawitra Mustika/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

Ini Jumlah Curah Hujan yang Bakal Tumpah di DIY Bulan Ini

Cuaca ekstrem masih potensial terjadi.

Solopos.com, JOGJA— Cuaca cerah menjurus panas yang terjadi dua hari ini terakhir di DIY dinilai normal. Namun, hujan tetap akan mengguyur selama Desember.

Kepala kelompok Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jogja Djoko Budiyono mengatakan, kondisi cerah adalah hal yang lumrah terjadi ketika sebelumnya terjadi cuaca yang ekstrem.

Baca juga : Badai Cempaka Berlalu, Hujan dan Angin Kencang Masih Mengancam DIY

Jika kondisi demikian berlangsung selama lebih dari sepekan baru bisa dikatakan sebagai anomali cuaca.
BMKG DIY sendiri memprediksi pada Senin (4/12/2017) hingga Selasa (5/12/2107), kondisi DIY akan cerah berawan. “Hujan ringan masih berpotensi terjadi di sebagian besar wilayah, utamanya di sore dan malam hari,” ucapnya, Senin (4/12/2017).

Ia juga mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, meskipun beberapa hari terakhir cerah. Sebab, kondisi pada Desember umumnya dalam kategori menengah hingga tinggi dengan jumlah curah hujan bulanan rata-rata berkisar 300-500 mm/bulan. “Masyarakat sebaiknya tetap waspada karena hujan, angin kencang dan petir masih berpotensi terjadi,” lanjutnya.

lowongan pekerjaan
Salesman & Sopir, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Sekaten, Ritual dan Dakwah

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (2/12/2017). Esai ini karya Muh. Fajar Shodiq, dosen Ilmu Sejarah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah fajarshodiq70@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Awal Desember ini Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) dan…