Lifestyle
Selasa, 5 Desember 2017 - 10:10 WIB

INFO HIDUP SEHAT : 5 Makanan Ini Ampuh Redakan Flu

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi seseorang yang sedang flu (Boldsky)

Info hidup sehat kali ini tentang lima makanan yang ampuh meredakan flu.

Solopos.com, SOLO – Flu merupakan penyakit yang kerap menghampiri di kala musim hujan tiba. Hawa dingin di musim ini memang sering membuat daya tahan tubuh melemah. Akibatnya, tubuh rentan terkena berbagai penyakit, khususnya flu.

Advertisement

Gejala umum seseorang yang menderita flu adalah batuk, hidung terseumbat, bersin-bersin, dan sakit kepala. Jika sudah seperti ini, tubuh akan terasa lemas sehingga Anda kurang bersemangat melakukan berbagai aktivitas. Penyakit ini sangat mudah menular kepada orang lain. Jadi, pastikan Anda segera berobat dan memakai masker agar penyakit itu tidak bertambah parah.

Salah satu cara tercepat menyembuhkan flu adalah dengan makan. Tapi, saat sedang flu biasanya nafsu makan cenderung menurun. Sebab, lidah terasa pahit sementara hidung tidak mampu mencium aroma makanan yang lezat.

Advertisement

Salah satu cara tercepat menyembuhkan flu adalah dengan makan. Tapi, saat sedang flu biasanya nafsu makan cenderung menurun. Sebab, lidah terasa pahit sementara hidung tidak mampu mencium aroma makanan yang lezat.

Tapi, Anda harus tetap makan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh. Makanan sangat diperlukan untuk memulihkan kondisi tubuh yang menurun. Tapi, bukan berarti Anda bisa makan sembarangan. Sebab, tidak semua makanan bermanfaat untuk tubuh.

Mau tahu, makanan apa saja yang mempercepat penyembuhan flu? Temukan jawabannya dalam ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Boldsky, Sabtu (2/12/2017), di bawah ini:

Advertisement

Wedang jeruk merupakan salah satu minuman yang sangat cocok diminum saat sedang flu. Jeruk mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jangan lupa campurkan madu ke dalam wedang jeruk tersebut. Madu merupakan bahan alami yang mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Air kelapa

Kandungan elektrolit dalam air kelapa juga sangat manjur untuk menyembuhkan flu. Selain meningkatkan sistem kekebalan tubuh, air kelapa juga mampu mengusir virus penyebab flu. Meminum air kelapa juga memperlancar sirkulasi darah dan membuang segala racun dalam tubuh.

Advertisement

Ubi

Ubi jalar merupakan sumber vitamin C dan D yang dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Ubi juga merupakan salah satu sumber energi terbaik yang cocok dikonsumsi saat sedang flu. Jika sedang dilanda flu, makanlah ubi jalar yang direbus atau dikukus.

Pisang

Advertisement

Pisang ternyata merupakan salah satu makanan yang ampuh melawan hawa dingin. Pisang kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, pisang juga melegakan tenggorokan yang gatal akibat dahak. Sebaiknya, konsumsilah minimal satu buah pisang dalam sehari saat musim hujan tiba untuk mencegah flu.

Sup ayam

Semangkuk sup ayam panas memang sangat lezat disantap saat tubuh terserang demam. Kuah sup yang panas ini membantu melegakan tenggorokan dan hidung yang tersumbat lendir. Ayam mengandung carnosine alias asam amino esensial yang membantu meredakan demam.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif