Hiu yang mati gara-gara menelan ikan buntal. (Livescience/Lauren Arthur) Hiu yang mati gara-gara menelan ikan buntal. (Livescience/Lauren Arthur)
Selasa, 5 Desember 2017 13:10 WIB JIBI/Solopos.com/Okezone Peristiwa Share :

Hiu Mati Gara-Gara Telan Ikan Buntal

Hiu itu meronta-ronta sebelum akhirnya mati saat didekati warga.

Solopos.com, MALADEWA – Seekor hiu ditemukan mendekat ke tepi di perairan dekat Maladewa. Hewan itu pertama kali ditemukan oleh seorang tukang kebun di resort Amilla Fushi, Maladewa.

Hiu berjenis lemon tersebut diketahui sedang berusaha menelan ikan buntal yang disebut porcupine fish (ikan landak). Ikan jenis ini biasanya mengembangkan tubuhnya seperti balon disertai duri-duri tajam saat terancam.

Dilansir Live Science, Minggu (3/12/2017), hiu lemon telihat meronta-ronta, namun saat didekati oleh tukang kebun ternyata telah mati. Ia mati dengan ikan buntal berada di dimulutnya.

Hiu lemon muda memang memang sering berkunjung ke perairan dangkal di kawasan Baa Atoll. Di kawasan tersebut banyak pula ditemukan populasi ikan buntal berukuran besar. Diduga hiu tersebut mati karena tertusuk duri dari ikan buntal.

Sebenarnya ikan hiu mampu memuntahkan mangsa yang telah ditelannya. Informasi tersebut didapat dari penelitian pada 2011 di Jurnal Florida Scientist.

Mengenai hiu lemon nahas tersebut, ikan buntal diduga mengembangkan tubuhnya saat akan dimuntahkan dan dengan durinya ia tersangkut sehingga menyumbat pengeluaran air yang mengakibatkan hiu tewas seperti tercekik.

Kejadian tersebut diketahui berlangsung pada 21 April lalu.

lowongan pekerjaan
PERUSAHAAN TEKSTIL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Sekaten, Ritual dan Dakwah

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (2/12/2017). Esai ini karya Muh. Fajar Shodiq, dosen Ilmu Sejarah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah fajarshodiq70@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Awal Desember ini Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) dan…