Pelantikan Bupati Brebes. Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo (tengah), bersalaman dengan Bupati Brebes, Idza Priyanti (kiri), pada acara pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Brebes di Wisma Perdamaian, Kota Semarang, Senin (4/12/2017). (JIBI/Bisnis/Alif Nazzala Rizqi)
Selasa, 5 Desember 2017 08:50 WIB Alif Nazzala Rizqi/JIBI/Semarangpos.com Semarang Share :

GUBERNUR JATENG
Ini Permintaan Ganjar saat Lantik Bupati dan Wabup Brebes

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, melantik Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Brebes.

Solopos.com, SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, melantik Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Brebes, Idza Priyanti dan Narjo di Wisma Perdamaian, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Senin (4/12/2017).

Seusai dilantik, Ganjar meminta kedua kepala daerah itu untuk langsung bekerja keras mengatasi permasalahan yang dihadapi masyarakat Brebes, terutama dalam bidang pengentasan kemiskinan.

“Saya minta setelah dilantik langsung kerja keras. Masih banyak pekerjaan rumah yang menanti di Brebes,” ujar Ganjar dalam sambutannya saat upacara pelantikan itu.

Ganjar menyebutkan Brebes memiliki permasalahan minimnya sarana dan prasarana infrastruktur. Selain itu, Brebes juga menjadi salah satu kabupaten di Jateng yang tingkat kemiskinannya cukup tinggi.

Hal itu terlihat dari masih banyaknya penduduk di Brebes yang tinggal di rumah tidak layak huni (RTLH). “Saya ingin itu [permasalahan] dikeroyok bersama agar angka kemiskinan dan jumlah RTLH turun,” tegas Ganjar.

Guna mempercepat proses pengentasan kemiskinan dan pembangunan infrastruktur, Ganjar meminta agar bupati dan wakil bupati terpilih yang baru dilantik itu mencari sumber pembiayaan lain selain Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Orang nomor satu di jajaran Pemprov Jateng itu pun menyarankan pasangan Idza Priyanti-Narjo untuk menjalankan program obligasi daerah dengan cara meminjam kepada bank. Untuk Kabupaten Brebes, Ganjar mengaku bisa meminjam sekitar Rp300 miliar – Rp400 miliar.

“Dana itu digunakan untuk pembangunan infrastruktur di depan, nanti tinggal mencicil saja menggunakan APBD. Jangan khawatir, mekanisme soal itu (obligasi daerah) sudah diatur Otoritas Jasa Keuangan (OJK),”┬áterang politikus dari PDIP itu.

Sementara itu, Bupati dan Wakil Bupati Brebes, Idza Priyanti dan Narjo, mengaku siap memimpin Brebes menjadi lebih baik. Tak lupa, mereka meminta dukungan dari pihak terkait untuk melancarkan program mereka. “Kami meminta dukungan semua pihak termasuk masyarakat untuk menjadikan Brebes lebih baik lagi,” ucap Idza.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

lowongan pekerjaan
Salesman & Sopir, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Sekaten, Ritual dan Dakwah

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (2/12/2017). Esai ini karya Muh. Fajar Shodiq, dosen Ilmu Sejarah di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah fajarshodiq70@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Awal Desember ini Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo) dan…