Sejumlah pengungsi di lokasi pengungsian Kantor kecamatan Panjatan, Rabu (29/11/2017). (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja) Sejumlah pengungsi di lokasi pengungsian Kantor kecamatan Panjatan, Rabu (29/11/2017). (Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja)
Senin, 4 Desember 2017 03:20 WIB Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

Pemda DIY Siapkan Beras Recovery Bagi Korban Badai Cempaka

Saat ini, ada 219 ton beras milik pemerintah yang siap untuk disalurkan

Solopos.com, BANTUL-Pemerintah Daerah DIY melalui Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) DIY menyiapkan beras untuk pemulihan [recovery] korban bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi di DIY. Saat ini, ada 219 ton beras milik pemerintah yang siap untuk disalurkan.

“BKPP bisa men-support cadangan pangan berupa beras 219 ton yang kami titipkan di Bulog dan Puskud [Pusat Koperasi Unit Desa] Metaram,” kata Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) DIY Arofah Noor Indrayani ditemui wartawan di sela-sela mengikuti acara Grebeg UMKM di Jogja Expo Center, Sabtu (2/12/2017).

Ia menjelaskan, mekanisme penyaluran beras tersebut yang pertama akan dikeluarkan Dinas Sosial dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten. Jika stok tersebut habis, maka Bulog bisa mengeluarkan stok yang ada di gudangnya sebagai suplai makanan warga terdampak bencana.

“Tahun ini kami tidak siap untuk kebutuhan susu, gula, dan kebutuhan lainnya. Kami siapnya hanya beras sebesar 219 ton itu. Dulu saat gempa, dulu kami siap. Yang sekarang hanya siap beras,” katanya.

lowongan pekerjaan
PT. Merak Jaya Abadi, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Tanggung Jawab Kesehatan Masyarakat

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (29/11/2017). Esai ini karya Muhammad Sholahuddin, dosen di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan kandidat doktor bidang ekonomi di International Islamic University Malaysia. Alamat e-mail penulis adalah muhammad.sholahuddin@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu terakhir ini beredar…