Ilustrasi wisatawan di Pantai Parangtritis DIY (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto) Ilustrasi wisatawan di Pantai Parangtritis DIY (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)
Senin, 4 Desember 2017 11:55 WIB Rheisnayu Cyntara/JIBI/Harian Jogja Bantul Share :

Pantai Selatan Waspada Gelombang Tinggi

Sebanyak 62 personel Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah III Bantul disiagakan

Solopos.com, BANTUL-Wilayah Pantai Selatan Bantul waspada gelombang tinggi dampak dari siklon tropis Dahlia yang terjadi sejak Jumat (1/12/2017) lalu.

Komandan Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah III Bantul Ali Joko Sutanto mengatakan, sejak beberapa hari yang lalu memang ada peningkatan tinggi gelombang di Pantai Selatan. Bahkan, pada Minggu (3/12/2017) ini, tinggi gelombang telah mencapai empat meter.

Di kawasan Pantai Depok, terpantau tinggi gelombang telah mencapai batas atas atau setinggi bangunan warung yang berada di pinggir pantai. Sedangkan di Pantai Parangtritis, gelombang hampir mencapai Posko SAR. “Normalnya cuma 1,5 sampai dua meter,” katanya.

Ali menjelaskan, pihaknya menambah kewaspadaan pada musim libur panjang akhir pekan kali ini. Pasalnya, wisatawan cukup membludak, sedangkan gelombang masih juga tinggi. Selain itu, palung juga terpantau di tiga titik yakni satu palung berada tepat di depan Posko Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah III Bantul dan dua lainnya ada di sebelah barat pantai.

Oleh sebab itu, sebanyak 62 personel Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah III Bantul disiagakan. Sebanyak 12 personel berjaga di kawasan Pantai Depok dan 50 personel sisanya di Pantai Parangtritis. “Kami belum tahu kapan akan normal kembali. Selama gelombang tinggi, personel tetap disiagakan karena meski tidak libur akan selalu ada pengunjung,” tuturnya.

lowongan pekerjaan
PERUSAHAAN TEKSTIL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Tanggung Jawab Kesehatan Masyarakat

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (29/11/2017). Esai ini karya Muhammad Sholahuddin, dosen di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan kandidat doktor bidang ekonomi di International Islamic University Malaysia. Alamat e-mail penulis adalah muhammad.sholahuddin@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO — Beberapa waktu terakhir ini beredar…