Jogja
Senin, 4 Desember 2017 - 10:20 WIB

Okupansi Hotel Jogja Capai 100%

Redaksi Solopos.com  /  Kusnul Istiqomah  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi kamar hotel (JIBI/Solopos/Antara)

Meningkatnya okupansi mencapai 100% kerap terjadi setiap ada long weekend

Harianjogja.com, JOGJA-Long weekend pada pekan kemarin menjadi berkat bagi kalangan perhotelan. Mulai Jumat sampai Minggu (1-3/12/2017), semua kamar yang ada habis dipesan wisatawan yang kebanyakan datang dari luar kota.

Advertisement

Pinasti Hening Pramesti selaku Executive Secretary The 1O1 Tugu Jogja Hotel mengatakan, selama long weekend kemarin okupansi hotel mencapai 100%. Peningkatan okupansi mulai terjadi sejak Kamis (30/11/2017).

“Okupansi kita mengalami peningkatan mulai tanggal 30 November dengan 97 persen dan puncaknya tingkat hunian kamar dapat terisi 100 persen pada Jumat dan Sabtu,” katanya, Minggu (3/12/2017).

Perempuan yang akrab disapa Pipin ini mengatakan, meningkatnya okupansi mencapai 100% kerap terjadi setiap ada long weekend. Kondisi tersebut dikarenakan banyak wisatawan luar Jogja yang datang untuk mengisi liburnya ke Jogja, di antaranya dari Kalimantan, Surabaya, dan Jakarta. Mereka mengisi semua kamar yang ada di The 1O1 Jogja Tugu Hotel sebanyak 150 kamar.

Advertisement

Pipin memprediksi kondisi serupa juga akan terjadi pada akhir Desember ini. Libur Natal dan Tahun Baru akan menjadi momentum untuk meningkatkan pendapatan karena selain libur hari nasional juga bersamaan dengan libur semester para pelajar.

Tingginya okupansi pada weekend juga terjadi di Hotel Ayola Tasneem. Niken Widi, selalu Public Relations mengatakan, akhir pekan kali ini banyak tamu yang menginap sehingga menjadikan 62 kamar yang ada di hotel sekelas bintang empat tersebut berhasil terisi penuh.

“Kalau weekend sebelumnya okupansinya hanya 80 sampai 85 persen, kalau yang sekarang sampai 100 persen,” katanya.

Advertisement

Niken mengatakan, kebanyakan tamu adalah domestik. Puncak kepadatan tamu terjadi pada 1 dan 2 Desember. “Kalau Minggu malam ini belum tahu karena ada yang check out hari ini tapi banyak juga yang check in,” tuturnya.

Kendati trafik tamu meningkat tetapi pihak hotel tidak mengeluarkan promo potongan harga kamar. “Kami keluarkan family package saja yaitu room plus extra bed,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif