Rektor UNS, Ravik Karsidi (dua dari kiri) dan Kasau Marsekal TNI, Hadi Tjahjanto menandatangani Piagam Kerja Sama di Ruang Sidang 2 Gedung Rektorat UNS, Senin (17/4/2017). (Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos) Rektor UNS, Ravik Karsidi (dua dari kiri) dan Kasau Marsekal TNI, Hadi Tjahjanto menandatangani Piagam Kerja Sama di Ruang Sidang 2 Gedung Rektorat UNS, Senin (17/4/2017). (Septhia Ryanthie/JIBI/Solopos)
Senin, 4 Desember 2017 15:39 WIB Rio Sandy/JIBI/Bisnis Politik Share :

KSAU Calon Tunggal Panglima TNI, JK Sebut Tak Banyak Jenderal Bintang 4 Aktif

JK menyebut salah satu alasan Presiden Jokowi mengajukan KSAU sebagai calon tunggal Panglima TNI.

Solopos.com, MALANG — Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menilai usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajukan KSAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai calon tunggal Panglima TNI merupakan hak prerogatif. Pasalnya, saat ini jenderal bintang empat yang aktif tidak banyak.

JK mengatakan usulan pergantian tersebut muncul karena Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo sudah memasuki masa pensiun. “Ya itu hak prerogatif Presiden, untuk mengganti panglima pada waktunya,” kata Wapres Jusuf Kalla usai memberikan sambutan dalam Seminar Nasional Hilirisasi Teknologi dan Start-Up Bisnis, Senin (4/12/2017).

Dia berpendapat pengusulan tersebut diambil karena syarat utama calon Panglima TNI adalah sudah berbintang empat. Saat ini, jumlah perwira bintang empat yang aktif di Indonesia tidak banyak.

Hari ini, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menyerahkan surat usulan dari Presiden Jokowi perihal calon Panglima TNI kepada DPR. Adapun, surat tersebut hanya berisi satu nama yakni Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

lowongan pekerjaan
QUALITY CONTROL & ADMIN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Tanggung Jawab Kesehatan Masyarakat

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (29/11/2017). Esai ini karya Muhammad Sholahuddin, dosen di Universitas Muhammadiyah Surakarta dan kandidat doktor bidang ekonomi di International Islamic University Malaysia. Alamat e-mail penulis adalah muhammad.sholahuddin@ums.ac.id. Solopos.com, SOLO¬†— Beberapa waktu terakhir ini beredar…